Petualangan Singkat di Cikeusik, Pandeglang

Cikeusik. Apa sih itu Cikeusik? Nama makanan? Nama tempat? Atau nama orang?
Kalo kalian orang Pandeglang dan sekitarnya, pasti tau banget deh tentang Cikeusik.
Yap, Cikeusik adalah salah satu daerah yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.
Kali ini gw mau share pengalaman singkat tapi penuh makna yang gw alami ketika berpetualang ke Cikeusik. Stay tune di blog gw ya, guys!

Sabtu, 11 Juni 2016 yang lalu gw dapet kesempatan untuk ikutan baksos bersama Tim Rumah Zakat Cilegon di daerah Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Jam 13.00 alias jam 1 siang, pas gw sama suami lagi leyeh-leyeh di rumah, tetiba aja gw dapet telepon dari nomor tak dikenal.
Awalnya gw enggan angkat telepon itu, tapi akhirnya gw angkat juga deh. 
Mungkin ada campur tangan Allah dalam menggerakkan hati gw supaya gw angkat telepon itu kali yah. Duileh hahaha..
Haloooooo, setelah gw angkat, ternyata oh ternyata itu telepon dari Teh Rina, perawat Klinik Amal Insani, Serdang.
Teh Rina minta tolong gw untuk ikutan baksosnya Rumah Zakat di daerah Cikeusik, soalnya siang itu ga ada dokter yang bisa ikutan baksos.
Aslinya gw ga tau dimana itu Cikeusik. Di pikiran gw, Cikeusik itu di daerah Serang.
Jadi, ya udah deh gw mengiyakan aja karena di pikiran gw Cikeusik itu deket.
“Paling cuma 2 jam aja baksosnya, sebelum maghrib gw udah bisa pulang”, pikir gw saat itu.
Gw pun minta ijin pak suami untuk ikutan baksos dan suami pun mengizinkan.

Berhubung gw lagi ga puasa, gw siap-siap makan siang dulu.
Setelah beres, gw langsung capcus menuju kantor Rumah Zakat yang letaknya ga jauh dari rumah gw.
Pak suami tercinta pun nganterin gw naik motor.
Pas nyampe kantor Rumah Zakat, gw pamit sama pak suami.
Gw masuk ke kantor dan kenalan sama semua staf Rumah Zakat.
Ternyata mereka masih pada nyiapin amunisi untuk dibawa ke lokasi baksos.
Gw nunggu aja deh di sofa yang ada di lobi kantor.
Kemudian, datenglah personil baksos yang lain, duduk di samping gw.
Gw pun iseng nanya dimana nanti lokasi baksosnya.
Si mas itu pun jawab di Pandeglang. WHAT???!! Pandeglang cuy??!! *ekspresi kaget maksi*
Gw kaget tapi kaget biasa hahaha. Soalnya di pikiran gw Cilegon-Pandeglang itu deket, paling cuma 3 jam gitu.
Jadi ya udah deh gw nyantai aja.

Sambil nunggu semua personil Rumah Zakat lengkap, Pak Ali, koordinator Rumah Zakat Cilegon, nanyain dimana suami gw, udah pulang apa belum.
Gw jawab aja udah pulang.
Trus Pak Ali nawarin ke gw untuk ngajak suami gw buat ikutan baksos.
Huooooo gw langsung excited abisss!
Gw langsung telepon dan Whatsapp suami gw untuk dateng ke kantor Rumah Zakat.
Lumayan, biar suami gw tau daerah Pandeglang. 
Padahal aslinya gw juga belum pernah ke Pandeglang sih hahahahaha.
Suami gw pun langsung gercep meluncur ke kantor Rumah Zakat.

Pas suami gw udah nyampe kantor, gw kenalin suami gw ke personil Rumah Zakat.
Kita pun masih nunggu tim Rumah Zakat siap.
Kemudian, satu per satu personil baksos Rumah Zakat yang lain pada berdatangan.
Dan ternyata, ada Pak Ustadz Feri, pemilik Klinik Tazkiya Cilegon yang juga temen pengajian suami gw.
Alhamdulillah, ada yang suami gw kenal.
Setidaknya suami gw ga ngerasa sendiri wkwkwkw, kayak apaan aja kali yak.

Awalnya gw agak khawatir takut mobilnya Rumah Zakat ga muat kalo suami gw ikut.
Soalnya banyak buanget barang yang dibawa plus personil Rumah Zakat yang ikut.
Gw sempet bilang ke tim Rumah Zakat biar gw sama suami gw naik motor aja.
Mereka bilang ga bisa naik motor soalnya jauh banget lokasinya.
Setelah diatur-atur, Alhamdulillah banget mobilnya muat pemirsah J
Setelah semua siap, jam 14.30 kita semua pun langsung meluncur ke TKP!

Nyampe Serang, kita semua mampir dulu ke Apotek Buchori untuk beli obat.
Gw nemenin Mbak Eva milih-milih obat untuk pasien di Cikeusik.
Ohya, FYI, jadi di Cikeusik itu ada musibah banjir.
Emmm, sebenernya bukan banjir karena ujan sih.
Jadi, Cikeusik kan daerah pesisir pantai. Rumah warga deket banget sama pantainya.
Akhir-akhir ini air laut lagi pasang-pasangnya sampe menuju rumah warga.
Konon, katanya es di kutub utara semakin mencair makanya laut di daerah Selatan jadi pasang.
Wallahua’lam bisshowab.

Setelah kelar beli obat, kita langsung melanjutkan perjalanan.
Dan ternyata Allahu Akbar Cikeusik itu jauh buanget pemirsah!
Jauuuuuuuuh banget dari hiruk pikuk perkotaan.
Jalanannya mantep banget berkelok-kelok plus banyak hutan-hutan gitu di sepanjang perjalanan.
Tapi, Alhamdulillah jalannya udah bagus banget.

Jalanan menuju Cikeusik ini mirip banget sama jalanan dari Ogotua menuju Palu.
Aaaah, gw jadi inget Ogotua tuh kan kan kaaaaan… *baper mode on*
Gw takjub aja pemirsah, ternyata di tanah kelahiran gw, Banten, masih ada yak daerah yang kayak begini.
Sepanjang jalan kanan kiri ada pepohonan lebat.
Rumah warga di pinggir jalan jaraknya jauh-jauh, dibatasi oleh hutan-hutan gitu.
Pas menjelang malem, jalanan makin sepiiiiii!
Gelap pula huwaaaaa. Apa jadinya kalo gw sama suami gw naik motor yak?!
Bisa-bisa pingsan di tengah jalan hahahaha :D
Eh tapi yah, Indomaret sama Alfamart udah masuk Cikeusik!
Mantep ga sih cuuuy?! Wkwkwkw

Kira-kira jam 19.30, kita singgah dulu di salah satu rekan tim Rumah Zakat untuk makan malam.
Rumahnya di seberang Puskesmas Cikeusik.
Ohya, gw sempet merhatiin Puskesmas Cikeusik.
Puskesmasnya bagus. Pelayanannya udah 24 jam.
Pas malem itu, ada beberapa keluarga pasien yang lagi nunggu di teras Puskesmas.

Menu makan malam saat itu ialah sate kambing.
Super banget rasanya pemirsah! Enak begeteee!
Udah gitu, satenya rasanya ga amis gitu.
Biasanya kan kalo daging kambing baunya agak-agak amis gimana gitu yah.
Dan itu ga ada sama sekali bau aneh-aneh yang kecium.
Gw aslinya yang ga doyan bahkan anti sama daging kambing pun jadi doyan bin lahap banget makannya!
Setelah selesai makan malam, kita langsung menuju TKP.

Perjalanan kita malam itu pun berakhir di Polsek Cikeusik.
Yap, ternyata posko banjirnya ada di Polsek Cikeusik.
Brrrr, turun dari mobil gw langsung menggigil!
Bau pantai dan amis ikan pun mulai tercium.
Oh ya, tanah di sekitar Polsek Cikeusik itu berupa pasir khas pantai dengan batu-batu dan karang kecil.
Gw jadi mikir apa air lautnya pasang sampe ke Polsek juga yak?

Kita pun segera masuk ke dalam Polsek.
Huwooooo, ternyata di dalem pelataran Polsek ada tenda berwarna biru. Besar banget!
Disitu tempat para pengungsi banjir tidur dan beristirahat.
Suasana di dalam Polsek begitu riweuh alias rame banget.
Dari bapak-bapak, ibu-ibu, kakek-kakek, nenek-nenek, anak kecil, sampe bayi-bayi pun semua komplit ada disitu.

Gw pun langsung bersiap-siap untuk memberikan pelayanan kesehatan.
Ternyata disana udah ada posko kesehatan dari Puskesmas Cikeusik.
Para pengungsi yang mau berobat rame banget antri di depan ruangan posko kesehatan.
Gw sama tim Rumah Zakat langsung masuk ke posko kesehatan dan minta izin sama petugas kesehatan dari Puskesmas Cikeusik untuk membuat posko kesehatan di ruangan itu juga.
Setelah diizinkan, kita langsung ambil obat-obatan dari mobil.

Pelayanan kesehatan dimulai kira-kira pukul 20.30 WIB.
Sebagian besar pasien disana menderita batuk pilek, diare, dan gatal-gatal.
Oh ya, suku warga Cikeusik ialah suku Sunda.
Jadi pas berobat pasiennya ngomong pake Bahasa Sunda.
Untungnya gw lumayan bisa Bahasa Sunda jadinya ga roaming mereka ngomong apa hehehe.

(Suasana di posko kesehatan)

(Bersiap untuk pelayanan kesehatan)

Ga kerasa banget jam telah menunjukkan pukul 22.00 WIB.
Ustadz Feri yang sekaligus berprofesi sebagai perawat ngingetin gw untuk menyudahi memberikan pelayanan kesehatan karena udah malem banget.
Padahal baru bentar banget kita buka posko kesehatan.
Pasien juga masih banyak.
Tapi ada daya. Khawatir nanti telat nyampe Cilegon kalo pelayanan kesehatannya diteruskan.
Kita pun langsung membereskan obat-obatan dan bergegas pulang.
Sebelum pulang, kita berikan sebagian obat-obatan yang kita punya untuk tim Puskesmas Cikeusik.
Selanjutnya kita pamit dan yeay saatnya kembali ke Cilegon!

Tadinya gw mau foto berdua sama mas bojo alias pak suami.
Eh tapi malu ah sama tim Rumah Zakat wakakakakakak.
Setelah semua barang dimasukkan ke mobil, kita langsung capcus pulang.

Jam 01.00 dini hari, kita mampir dulu untuk makan sahur sekalian istirahat di Pandeglang.
Kita makan sop daging dan bandeng bakar.
Tak lupa segelas teh hangat untuk diseruput wkwkwkwk.
Alhamdulillah enak banget makan sop daging dan nyeruput teh anget.
Badan langsung seger dan mata yang tadinya udah merem melek, seketika jadi on lagi hahaha.

Selesai makan, kita bergegas melanjutkan perjalanan menuju Cilegon.
Alhamdulillah perjalanan lancar.
Sekitar jam 03.00 dini hari kita nyampe di kantor Rumah Zakat J
Motor gw dan pak suami dititipin di kantor Rumah Zakat.
Gw sama pak suami pun pamit sama Pak Ali dan kawan-kawan kemudian cusss pulang ke rumah.

Well, petualangan singkat ke Cikeusik hari ini begitu luar biasa!
Selama 28 tahun tinggal di Banten, baru kali ini gw jalan-jalan ke Pandeglang dan sekitarnya.
Seneng banget akhirnya bisa menginjakkan kaki di Pandeglang hahahaha. Lebay ga sih gw?
Kalo diitung-itung lamanya perjalanan dari Cilegon ke Cikeusik, mungkin gw udah nyampe Bandung atau bahkan Cirebon pemirsah!
Luar biasa ga sih??!! Wkwkwkwkwk
Ditambah baksos yang super singkat bikin petualangan hari ini jadi lebih berwarna.

Thanks to Teh Rina yang udah ngajak gw ikutan baksos ini.
Asli, gw sueneng buangeettt!!
Nanti ajak-ajak gw lagi ya teteh kalo ada baksos lagi, terutama yang lokasinya jauh dari Cilegon hehehe.
Makasih juga buat Rumah Zakat yang udah ngebolehin suami gw ikutan.
Dia seneng banget bisa liat daerah pelosok Banten J
Karena sebaik-baik orang adalah orang yang paling bermanfaat buat sekitarnya, yuk mari kita tebarkan kebaikan untuk sesama! J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!