Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Hai guys, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan naungan kesehatan yah kalian semua :)
Kalo gw disini alhamdulillah baik-baik aja *siapa juga yak yang nanya hihihiii*
Oke, sesuai judulnya, kali ini gw mau share pengalaman penuh deru debu gw untuk ngedapetin skor TOEFL ITP di atas 550 demi bisa apply LPDP.

23 Juli 2016 yang lalu, untuk kelima kalinya, baca ya, KELIMA KALINYA, gw memberanikan diri untuk ikut tes TOEFL ITP lagi di LBI UI Depok.
Kalo kalian pernah baca postingan gw paling pertama di blog ini, kalian pasti tahu skor awal gw cuma 537.
Alhamdulillah, Allah emang Maha Besar, di tes yang kelima kalinya ini gw dapet skor 573!
Padahal target gw 570, alhamdulillah luar biasa 3 poin melampaui target!

Gw bakal cerita sedikit kronologis gw tes TOEFL ITP sebanyak lima kali ini.
Tahun 2015, gw tes 2 kali di LIA Pramuka, skor pertama 537, skor kedua cuma 530.
Tahun 2016, gw beraniin lagi ambil tes di LBI UI Depok bulan Januari, Februari, dan terakhir ini Juli.
Skor gw berturut-turut 547, 537, dan 573!

Kalo ditanya jenuh ga tes melulu? Jawabannya IYA BANGET! JENUH!
Tapi, gw tahan-tahan demi mencapai impian gw kuliah ke negeri seberang.
Awalnya gw sempet desperado alias putus asa banget sama TOEFL ITP ini.
Rasa hampir mau menyerah itu datang ketika gw baru dapet hasil tes TOEFL ITP yang keempat.
Bukannya makin naik skornya, malah jatoh lagi ke 537.
Ditambah lagi bulan Juni 2016 kemaren gw ga lolos beasiswa AAS. Hiks, makin terpuruk!

Waktu itu gw bingung, apalagi yang harus gw lakukan biar bisa naikin skor.
Mau langsung tes IELTS, tapi gw masih belum pede plus belum ada budgetnya.
Akhirnya, dengan bermodalkan sisa tabungan dan dengan seizin suami, gw les TOEFL di LIA Cilegon.

Gw les selama 3 bulan, dari bulan April sampe Juni 2016.
Gw pilih les di LIA Cilegon soalnya cuma di sinilah les TOEFL di Cilegon yang affordable buat gw.
Kalo di EF 4jutaan howaaaaa nangis darah bisa-bisa gw :D
Ohya, biayanya selama 3 bulan itu 1.375.000, bisa dicicil 3 kali pula.
Sesuai banget sama kondisi finansial gw hahahaha.
Gw milih nyicil aja deh, yang pertama bayar 875.000, yang kedua 275.000, dan yang ketiga bayar 275.000 juga.

Sebelum mulai les, gw kudu ikutan placement test dulu.
Hasil placement test, gw dapet di level 4.
Tapi karena level 4 cuma 2 orang muridnya, akhirnya gw turun jabatan jadi level 3.
Dan alhamdulillah banget gw bersyukur dapet di level 3 karena materi yang gw dapet di level 3 ini adalah materi-materi TOEFL yang emang belum gw pahami.
Kalo di level 4 itu lebih banyak latihan-latihan soal aja.

Kelas gw diajar sama Miss Mala. Gw sih suka sama cara ngajar Miss Mala.
Beliau banyak ngasih masukan gimana cara ngerjain soal-soal TOEFL based on her own experiences, terutama structure dan reading.
Asli, gw banyak improve banget semenjak les.
Mungkin karena semenjak les gw jadi tau grammar yang bener gimana, jadinya lumayan lancar lah ngerjain soal-soal structure.
Dan gw jadi tau ternyata selama ini gw ngerjain soal structure banyak make feeling alias perasaan, jadi bukan berdasarkan grammar yang bener hahaha.
That’s why nilai structure gw ga pernah bagus.
Miss Mala berpesan, kalo ngerjain structure itu jangan pake feeling, tapi harus tau grammar yang benernya gimana.
Kalo reading, emang dasarnya basic gw di reading ini udah kuat, jadi semenjak les kemampuan ngerjain soal reading gw makin yahud hihihi.
Untuk listening, latihan ngerjain soal di tempat les juga lumayan banyak ngasah telinga gw biar lebih sensitif.
Gw juga banyak nonton film barat biar kuping gw lebih peka sama conversation-conversation in English.
Ohya, di rumah juga gw sering dengerin soal-soal latihan listening TOEFL pake bukunya Longman.

Nah, setelah gw selesai les di LIA dan gw ngerasa udah siap untuk tes lagi, akhirnya 23 Juli 2016 gw pun ambil tes TOEFL di LBI UI Depok.
Bermodalkan bismillah dan latihan-latihan serta les di LIA, alhamdulillah gw lumayan bisa ngerjain soal dengan lancar.
Cuma agak parno aja sama hasil structure plus reading soalnya gw ngerasa kok susah ya ngerjainnya hahahaha. Fifty fifty sih sama hasilnya :p

Seminggu pun berlalu, dan akhirnya hasil tes pun keluar juga.
Gw minta tolong sahabat gw, Ratih, yang lagi ada gawe di FKM UI untuk ngambilin hasil tes gw.
Whatsapp dari Ratih pun gw tunggu-tunggu dan akhirnya taraaaaa: skor gw 573 cuy!
Alhamdulillah banget gw bersyukur usaha dan doa gw ga sia-sia :D
Bismillah langkah selanjutnya adalah apply LPDP. Semangat!

Oke guys, ini sedikit cerita gw bolak balik tes TOEFL.
Cara belajar setiap orang itu berbeda-beda.
Kalo gw ngerasa terbantu banget ambil les TOEFL di LIA karena gw jadi tau grammar yang seharusnya gimana dan gw jadi paham tips-tips ngerjain soal reading plus listening gimana.
Gw jadi nemuin pola gw sendiri pas ngerjain listening, terutama yang bagian long conversation.
Dan gw pribadi, rajin nonton film barat itu sangat ngebantu telinga gw buat lebih sensitif sama conversation dalam Bahasa Inggris.
Last but not least, jangan pernah menyerah sama kegagalan demi kegagalan yang menghadang.
Terus berusaha dan berdoa. Allah ga akan pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya.
Rajin rajin semangat!

Komentar

  1. Susah Mana Tes toefl LIA atau Ui?

    BalasHapus
  2. Hwaaa... kok sama, serasa hampir nyerah. ini udah ke empat kalinya tes toefl dan malah turun.. semoga untuk yang kelima lebih dari 550 ya mbak.. doakan...

    BalasHapus
  3. Mantap kak. Menginspirasi sekali tulisannya. Doakan biar sy juga bisa merasakan nikmat jebol 550 😂😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!