Perjuangan Menaklukkan IELTS

Ya ampun, lama banget ya gue vakum ga nulis blog. Dikarenakan kesibukan (alibi aslinya males hahaay), gue ga sempet bercuap-cuap di blog deh.
Okey, kali ini gue mau cerita pengalaman gue tes IELTS. Oh ya, di postingan gue sebelumnya, gue cerita perjuangan gue yang 5 kali tes TOEFL ITP yang akhirnya jebol juga skor 573.
Nah, alhamdulillah banget nih, gue langsung dapet overall skor IELTS 6.5! Sujud syukur banget deh gue first attempt langsung tembus 6.5 huwaaaaa. Kayaknya Allah tau deh kalo gue udah ga punya duit lagi buat tes, makanya langsung dapet 6,5 hehehe.

Awal mula gue kenal IELTS itu dari buku latihan IELTS-nya Barron. Gue coba-coba otodidak belajar dan latihan soal IELTS pake buku itu. Tapiii jreng jreng jreeeng, gue ga ngertiiii T__T, terutama untuk bagian speaking dan writing. Buta banget gue ya Allah tolong hellaaaawww..

Image result for ielts barron
(Sumber gambar: Mbah Google)

Akhirnya karena desperado ngerjain latihan soalnya sendirian, gue memutuskan untuk ambil IELTS preparation di Kampung Inggris, Pare. Seneng banget mas bojoku alias suami tercinta ngijinin gue menimba ilmu di Kampung Inggris. Akhirnya, singkat cerita, sekitar bulan Desember 2015 gue meluncurlah ke Kampung Inggris bareng sama sahabat tersabar gue yaitu Ratih Oktarina alias Ratih.
Gue berangkat ke Kediri naik Kereta Api Krakatau dari Stasiun Cilegon. Kalo Ratih naik dari Stasiun Senen, bertemulah kita berdua di dalam kereta uunch uunchh wkwkwk.

Sesampainya di Kediri, kita langsung meluncur ke tempat kursus yang telah kita pilih, yaitu TEST English School. Kenapa gue pilih tempat ini? Karena sebelumnya temen gue, Intan, udah duluan belajar disana, dan dia ngerekomendasiin gue untuk belajar di TEST. Biaya kursus IELTS sebulan di TEST juga affordable banget, yaitu 1 juta rupiah, udah termasuk asrama. Tapiii, kalian jangan bayangin asramanya kayak hotel bintang 2 yah, ini mah ala kadarnya kayak kamar kos wkwkwkwk. Gue dapet kamar yang isi 6 orang. Alhamdulillah walopun desek-desekan tapi gue sih nyaman-nyaman aja J

(Bersama temen-temen seperjuangan di TEST)

Selama belajar di TEST, alhamdulillah gue ngerasain progress yang cukup signifikan. Kalo di TEST, sistem belajarnya ngerjain soal-soal setiap hari. Mizu dan Mozel (panggilan buat tutornya) ngasih materi dulu, baru kemudian latihan soal. Sebulan disana kalo bagi gue cukuplah untuk membuka mata ini tentang IELTS karena sebelumnya gue buta total kan tentang IELTS. Untuk writing dan speaking, lumayan improved sih gue berkat tips and trick dari para mizu dan mozel. Tapi disini gue ga akan cerita tips and trick-nya yah, karena gue juga bingung ceritainnya gimana. Lagian di blog-blog lain juga udah banyak yang ngasih tips and trick.

Setelah gue selesai kursus di Pare, gue langsung balik ke kampung halaman gue di Cilegon. Nah, gue ga langsung ambil real test IELTS soalnya gue masih belum berani dan pede ambil real test. Bulan demi bulan berlalu sampe akhirnya Juli 2016 gue daftarlah LPDP periode IV. Gue lolos seleksi administrasi dan di bulan November 2016 gue dapet undangan untuk mengikuti seleksi wawancara di Jakarta. Sangat disayangkan gue ga lolos LPDP pemirsah! Huwaaaa sedih? Iyaaa! Kecewa? Iyaaa! Shock? Iyaaaa! Tapi gue ga mau lama-lama baper dan kudu cepet move on!

Akhirnya gue berpikir, kunci utama gue bisa apply beasiswa-beasiswa lainnya dan dapet LoA unconditional ialah IELTS. Iyaaahhh, cuma IELTS! Ga ada yang lain! Mau ga mau, gue harus memberanikan diri ambil real test IELTS. Kalo gue takut mulu, sampe kapan gue dihantui bayang-bayang IELTS? Iya kaaannnn hehehehe

Desember 2016 pun gue mulai mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Gue buat jadwal belajar IELTS secara intensif dari pagi sampe malem. Prinsip gue, gue kudu langsung harus wajib fardhu 'ain tembus skor 6.5! Ga boleh engga! Soalnya gue udah ga punya budget lagi buat ambil tes IELTS hikssss…

Kendala gue belajar IELTS saat itu ialah ga ada partner speaking. Secara laki gue lagi di Bandung. Akhirnya gue minta tolong sahabat gue, Ardania, untuk jadi temen speaking gue. Yah, belajar intensif sebulan seorang diri lumayan bikin otak gue panas lagi. Tanggal 14 Januari 2017 pun gue pilih sebagai hari dimana gue real test IELTS, yaitu di British Council (BC) Bandung. Kenapa ambil di BC Bandung? Karena berdasarkan informasi yang gue dapet dari beberapa temen, BC Bandung ialah salah satu tempat favorit para scholarship hunter untuk tes IELTS. Denger-denger sih, dapet skor 6.5 lumayan gampang ketimbang di tempat lain. Bener ga tuh? Wallahua’lam bisshowab.. Kalo menurut gue, dimanapun tempatnya, kalo kitanya belajar sungguh-sungguh sih pasti bisa dapet skor tinggi sesuai target.

Tes IELTS dari BC Bandung diadakan di Hotel Grand Serela Setiabudhi. Gue ditemenin sama suami tercinta. Alhamdulillah gue dapet jadwal tes speaking pada hari itu juga. Jadi degdegannya enak lah sekalian selesai hari itu juga. Berangkat dari kos mas bojo hati masih ademmmm. Pas udah nyampe hotel, wakwaaawww langsung degdegserrr! Tapi, gue bismillah aja deh semoga dimudahkan Allah.

(Lagi nunggu masuk ruangan. Degdegan pemirsah!)

Untuk listening, alhamdulillah rada-rada lancar waktu itu ngerjainnya. Cuma agak kacau pas udah bagian long conversation yang part 4 itu. Kalo reading, awal-awal ngerjain gue panik banget, kayak orang kesetanan. Gue khawatir takut waktunya keburu abis. Jadi, gue kebutin tuh ngerjain soalnya, ga tau mau bener apa engga jawabannya. Pas semua soal udah kejawab, gue mulai tenang. Gue periksa lagi semua soalnya satu per satu. Alhamdulillah, berkat kebut di awal, gue jadi punya waktu banyak buat ngoreksi jawabannya.

Nah, lanjut ke writing nih. Writing part 1 gue dapet soal pie chart. Writing part 2, gue lupa soalnya tentang apa. Kalo ga salah soalnya terkait argumen gitu, sebutkan alasan kenapa bisa begini dan kenapa bisa begitu. Kedua soal writing ini mirip-mirip deh sama soal di buku Cambridge. Yang soal writing gue ini, yang part 1 kalo di Cambridge berupa bar chart dan part 2 berupa soal agree disagree gitu. Jadi saran gue buat kalian yang mau tes IELTS, khatamin aja latihan soal dari Cambridge karena soalnya ya mirip-mirip temanya, cuma beda dikit doang.

Untuk speaking, gue dapet interviewer asli Indonesia. Gue lupa nama miss-nya siapa. Orangnya tinggi besar, putih, rambutnya kriwil-kriwil warna cokelat tua. Cantik dan baik hati serta ramah banget beliau. Sejujurnya, gue ga begitu lancar pas speaking karena gue nervous banget. Tapi, alhamdulillah miss-nya sabar banget dan always senyum walopun jawaban gue ngalor ngidul wakakakak.

Selesai tes IELTS, gue lega banget. Akhirnya beban IELTS di pundak sedikit berkurang. Sekarang tinggal menunggu hasilnya. Dan dalam penantian 2 minggu itu gue kayak orang yang digantungin sama pacar. Ga ada kejelasan hahahaha. Daaaaaan hari yang dinantikan pun datang juga! Tadaaaaaaaaaa! Ini hasil IELTS gue pemirsah!

(Final result yeyeyeeey)

Alhamdulillah banget gue langsung tembus skor 6.5! Itu artinya kotak Pandora udah gue dapetin nih buat apply ke kampus luar negeri. Puji syukur ke hadirat Allah J
Saran gue buat temen-temen yang mau ambil tes IELTS, perbanyak latihan soal aja karena cuma itu kuncinya. Walopun udah kursus, tetep temen-temen kudu banyakin latihan soal mandiri di rumah karena yang gue rasain justru kemampuan gue dalam mengerjakan soal IELTS jadi meningkat semenjak gue latihan secara intensif  di rumah.

Oke deh, mungkin segini aja dulu cerita pengalaman gue ambil real test IELTS. Semoga kalian juga beruntung yah! Semangat! J






Komentar

  1. Congrats ya mba ! Untuk dapat reading 7,5 kiat2nya apa mba dan ngebuasain reading apa aja dan udh berapa lama berlatih readingnya? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haai, maaf baru bales yah. Kalo reading, aku sering baca artikel sama jurnal yang berbahasa inggris. Aku juga khatamin semua soal reading di buku ielts cambridge. Dari situ udah mulai terbiasa baca soal reading IELTS. Untuk berapa lamanya, yaa kira-kira 2 tahunan lah, mulai seriusnya satu tahun belakangan ini hehe. Semoga membantu ya :)

      Hapus
  2. Perjuangan yang seru... Izin numpang lapak untuk menaruh informasi ya. Punya IPK 3.0, lulusan S-1 & dibawah 35 tahun? Kami menjamin anda untuk memperoleh IELTS 7.5 & mendapatkan beasiswa 100% diluar negeri. 3000+ alumni sejak 1996, kuliah di 4 benua. Untuk tes institusional IELTS gratis & info beasiswa: 0813 1663 4102

    BalasHapus
  3. Halo kak, buku Cambridge yang kakak maksutkan itu yang seperti diatas kah? Atau yg lain? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, bukan sister. Kalo buku yg di atas itu Barron. Cambridge punya yang soft copy :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!