Ngebolang di Sukabumi

Hello guys, gimana kabarnya? Well, semoga kalian selalu sehat dan bahagia yaah J
Mmm, kali ini gw mau cerita tentang petualangan gw ngebolang di Sukabumi. Hmm, sebenernya sih gw udah lama banget ke Sukabumi-nya, tapi baru inget dan baru sempet nulis sekarang-sekarang ini.

Akhir September 2015 gw sama Sugi lagi-lagi dapet job sebagai enumerator dari TNP2K. Bagi kalian yang belum tau, TNP2K itu ialah Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
Pada waktu itu TNP2K lagi ngadain penelitian terkait Pembiayaan Obat di era JKN. JKN stands for Jaminan Kesehatan Nasional yang lagi nge-hits akhir-akhir ini :D
Eh ya, kalo kalian pernah baca postingan gw sebelumnya, pasti tau deh Sugi itu siapa hehehe. Pas survey ini, si Sugi lagi hamil 4 bulan, dihamilin sama Kak Eja, suaminya hahaha :p

Oke, seperti biasalah, gw ga akan nyeritain tentang surveynya, tapi lebih ke jalan-jalannya aja yah hihihiii.
Tanggal 5 Oktober 2015, pagi jam 9 gw sama Sugi udah siap-siap berangkat menuju Sukabumi.
Waktu itu gw nginep dulu di rumahnya Sugi di daerah Cijantung.
Ga disangka, jam 8 tet pak supir utusan kantor udah jemput ke rumah Sugi! Huwaaa Sugi langsung panik karena dia belum siap hahaha.
FYI, kita ke Sukabumi naik mobil rental yang disewa sama kantor. Gw lupa deh nama supirnya siapa, yang jelas si bapak supir baik hati dan tidak sombong.
Sambil si bapak supir nunggu gw sama Sugi ready, si bapak pergi dulu cari sarapan. Selesai sarapan, pak supir ngopi dulu di teras rumahnya Sugi.

Setelah gw sama Sugi beres packing, kita langsung capcus menuju Sukabumi yeeeaay!
Jam 9 tet kita udah berangkat pemirsah. Uhuuy senengnya!
Sekali-sekali gitu dapet daerah survey kisaran Jawa Barat yah hehehe.
By the way, ini pertama kalinya gw pergi ke Sukabumi. Sepanjang perjalanan, gw liat banyak banget truk-truk besar bawa galon-galon Aqua.
Kata Sugi dan pak supir, Sukabumi emang pusatnya pabrik Aqua. Pantes aja daritadi di jalanan rame truk-truk bertuliskan Aqua.
Oh ya, kita juga sempet ngelewatin pabriknya Aqua. Ampun deh, berdebu banget jalanannya.

Tak terasa, kita pun nyampe juga di tempat tujuan, yaitu Hotel Anugrah, alhamdulillah J
Ternyata hanya butuh waktu 6 jam perjalanan aja dari Jakarta menuju Sukabumi. Jam 2 siang kita udah nyampe.
Awalnya kita bertiga sempet kesasar gitu nyari-nyari ni hotel. Tanya sana-sini ternyata banyak yang ga tau dimana posisi Hotel Anugrah.
Setelah muter-muter kesana-kesini, alhamdulillah kita bertiga nyampe juga J
Hotel Anugerah ini keliatannya masih baru gitu, soalnya masih ada beberapa bagian hotel yang lagi dibangun.
But, overall hotelnya bagus dan mewah. Nyampe hotel, gw sama Sugi langsung check in.
Di lobi hotel ada infused water gitu kan, langsung aja deh si bumil kalap minum sampe beberapa gelas hahaha.
Karena pas itu kita belum mulai survey, gw sama Sugi berencana jalan-jalan sore dulu, mumpung ada kesempatan.
Sebelumnya, kita istirahat dulu di kamar. Kasian juga si bapak supir pasti capek setelah perjalanan jauh 6 jam nonstop tanpa istirahat.

Ba’da Ashar, gw sama Sugi langsung capcus keliling Sukabumi. Tujuan utama kita yang pertama ialah cari tempat makan khas Sunda.
Di sepanjang pinggir jalan kota, banyak banget abang-abang penjual batus alias bakso tusuk.
Bakso tusuk ini semacam cilok gitu, tapi makannya ditusuk pake lidi.
Karena udah muter-muter tapi kita ga nemu rumah makan yang ngehits dan terkenal dengan jajakan masakan Sunda, akhirnya kita turun aja di pinggir jalan.
Pak supir nunggu di mobil ga ikut gw sama Sugi jalan-jalan nyari tempat makan karena udah makan ceunah.
Ternyata di warteg-warteg di sepanjang pinggir jalan Kota Sukabumi, masakannya masakan ala Sunda gitu hahaha. Tau gitu tadi ga usah repot muter-muter yah :D
Pas mau jalan nyari warteg, ada abang batus lagi nongkrong deket parkiran mobil. Langsung deh bumil Sugi kalap beli batus! Dan gw pun ikutan hahaha.
Enak euy batus anget-anget pake sambel cengek yang ijoooo buanget! Hmmm pedesnya menggugah selera J

(Makan batus alias bakso tusuk duluuu)

Singkat cerita, gw sama Sugi makan di warteg pinggir jalan.
Masakannya khas Sunda pisan euy. Sugi yang lagi hamil pun kalap nyobain menu warteg satu per satu.
Oh ya, warteg di Sukabumi sistemnya prasmanan ala ala Sunda gitu. Pembeli yang ambil sendiri makanannya.
Gw kan ga pesen minum apa-apa yah, ternyata dapet gratis teh anget.
Pas gw cobain tehnya, ternyata tawar rasanya. Gw hampir lupa kalo di Sunda emang teh biasa tawar hahaha.
Setelah selesai makan, kita lanjut capcus jalan-jalan nyari kue mochie.
Kue mochie itu adalah semacam cookies yang terbuat dari tepung kanji (kalo gw ga salah nebak yah hehehe). Empuk-empuk kenyel gitu. Ada harum-harum pandan gitu juga di kuenya. Rasanya wuenaaaak buanget! Pertama kali coba, gw langsung suka!
Ohya, kue mochie ini isinya macem-macem. Ada isi cokelat, kacang, nutella, ovaltine, dan lain-lain.
Berhubung kue mochie cuma tahan sekitar 3-4 hari di suhu kamar dan sekitar 1 mingguan di kulkas, gw sama Sugi nunda dulu beli kue mochienya.
Kita pesen dulu deh ke si akang berwajah oriental manis yang kalo ngomong meuni Sunda pisan euy! Wakakakakak
FYI nih, gw sama Sugi pesen kue mochienya di Toko Lewie Mochie yang beralamatkan di Jalan Surya Kencana No. D5 Ruko Pesona Madrid No. 3 Sukabumi. Kalo mau pesen, bisa telepon ke nomor (0266) 244 979. Sayang banget, kita ga sempet minta foto sama si akang berwajah oriental yang kasep pisan eta hahahaha.
Oh ya, Toko Lewie Mochie ini ga hanya jual kue mochi aja, tapi banyak juga oleh-oleh khas Sukabumi lainnya.
Tapi, kalo kamu pengen beli kue mochie, gw sih nyaraninnya ke Toko Lewie ini, recommended banget rasanya!

Selesai ke Toko Lewie Mochie, gw sama Sugi lanjut jalan-jalan seputaran Sukabumi.
Kita ngelewatin alun-alun Sukabumi dan Masjid Agung Sukabumi.
Karena hari sudah beranjak semakin senja, kita langsung capcus balik ke hotel.
Malemnya kita ga kemana-kemana karena bingung juga mau kemana hehe. Akhirnya ngendon di kamar hotel deh. Paling kita keluar bentar cari udara segar sambil makan bandrek.

Besok paginya, gw sama Sugi mulai survey di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Jarak dari kota ke kabupaten ga terlalu jauh, cuma 20 menit aja.
Singkat cerita, survey dengan 3 kelompok responden kelar dalam satu hari! Luar biasa!
Dan masih tersisa 1 kelompok responden lagi. Oke, istirahat dulu, besok lanjut lagiii J
Selesai survey hari pertama, gw sama Sugi main di sekitar alun-alun Kota Sukabumi.
Kita beli batus alias bakso tusuk sambal istirahat di depan Masjid Agung Sukabumi.
Udara di Sukabumi kalo menjelang sore agak dingin-dingin sejuk gimanaaa gituh. Enak buat jalan-jalan sore sambil jalan kaki.
Selesai makan batus, kita balik ke hotel untuk istirahat.

Hari kedua survey pun tiba. Gw sama Sugi langsung capcus ke Dinkes Kabupaten Sukabumi untuk eksekusi survey.
Biar cepet selesai dan biar cepet bisa jalan-jalan juga sih hahahaha.
Survey hari kedua berlangsung cepet banget! Gw sama Sugi kegirangan karena jam 10 pagi udah kelar.
Akhirnya kita pamitan sama staf Dinkes dan segera capcus menuju daerah wisata di Sukabumi.
Karena bingung di Sukabumi mau kemana, gw sama Sugi browsing tempat apa yang hits di Sukabumi.
Ada yang ngerekomendasiin Selabintana. Pak supir juga ngerekomendasiinnya pergi ke Selabintana.
Akhirnya, kita bertiga capcus menuju Selabintana!

Gw kira Selabintana itu nama gunung atau taman bunga atau semacam destinasi tempat wisata gitu.
Ternyata Selabintana itu salah satu nama daerah di Sukabumi.
Arealnya berupa dataran tinggi gitu. Makanya, semakin ke atas, udara semakin dingin.
Di Selabintana, gw sama Sugi pengen banget ke kebun teh.
Pak supir yang baik hati dan tidak sombong ini pun dengan setianya nemenin gw sama Sugi.
Pas turun dari mobil, ternyata tanah sekitar area kebun teh itu berupa tanah merah yang kalo kena air jadi licin berlumpur dan bikin sepatu atau sendal jadi kotor banget.
Gw sih pake sendal crocs ala ala gitu, jadi mau kena kotor sekalipun, gampang dibersihinnya.
Sementara Sugi pas itu ga bawa sendal. Dia pake sepatu cantik warna merah.
Langsung deh dia pinjem sendalnya pak supir wahahahaha. Dasar Sugi!

Sambil bersenandung riang, gw sama Sugi langsung capcus berdua ke kebun teh.
Pak supir nunggu di mobil. Beliau ga ikut karena udah tua, takut ga kuat jalan ceunah yak wahahaha.
Hmmm bau tanaman hijau yang segar mulai menyeruak di antara hidung gw dan hidung Sugi :D
Di sana ada dua sejoli lagi pacaran sambil wefie-wefie gitu deh.
Gw sama Sugi udah sirik aja ngomongin mereka berdua hahahahaha.
Kebun teh di Selabintana luaaaaaas banget! Suasananya juga enak euy buat me-refresh-kan pikiran yang lagi penat dan suntuk.
Udaranya sejuk ala ala pegunungan gitu. Alhamdulillah bisa menikmati karunia Allah berupa pemandangan alam yang indah J

(Kebun teh di Selabintana)

(Bagus kan pemirsah?! Hehehehe)

Oh ya kebuh tehnya juga rapi banget deh kayak abis disetrika wkwkwkwk. Celah antar tanaman berjajar rapi bak labirin.
Gw sama Sugi sibuk nyari spot wefie yang oke punya.
Kita berdua berdoa semoga ga ada uler gede tetiba muncul dari tanamannya haha.
Pas si pasangan dua sejoli lagi asyik wefie, gw sama Sugi agak sedikit ngeganggu mereka wkwkwk, usil!
Kita ngedeketin spot foto mereka trus wefie-wefie deh di deket mereka.
Biarin, biar mereka ga aneh-aneh gayanya peluk-pelukan ga jelas.
Padahal mah siapa tau mereka udah suami istri kali yak wkwkwk.

(Kyaaaaaa emak-emak rempong lagi sumringah)

(Bak foto model majalah Hijab wkwkwkwk)

Langit sudah semakin gelap. Petir mulai berbunyi saling sahut menyahut.
Si pasangan dua sejoli tadi udah ngacir ngibrit naik motor.
Sementara gw sama Sugi masih asyik foto-foto sambil menikmati indahnya kebun teh yang luas ini.
Udah puas foto-foto, kita langsung capcus menuju mobil.
Ternyata di ujung jalan, pak supir nyusul dan manggil kita supaya cepet ke mobil karena langit makin gelap.
Gw sama Sugi buru-buru naik ke atas. Sumpah, ngos ngosan banget deh. Apalagi Sugi lagi hamil, hadeuh pasti berat yah, gi, jalannya :D
Pas kita udah setengah perjalanan menuju mobil, tiba-tiba ujan deras pemirsah!
Jalanan makin licin dan sendal kita berdua kotor banget kayak abis nginjek kotoran! Hahahaha
Kasian sendalnya pak supir penuh lumpur.
Tadinya gw sama Sugi pengen ke resort Selabintana. Kata pak supir disana ada taman bunga.
Kita bertiga nunggu ujan reda di dalem mobil.
Tapi, keliatannya ujan makin deras. Jadi, kita putuskan besok aja sebelum balik ke Jakarta kita mampir lagi kesana.

Keesokan harinya, gw sama Sugi dari pagi-pagi banget udah packing.
Kelar sarapan, kita langsung capcus ke taman bunga di Selabintana.
Hmmm, udara pagi di Sukabumi bener-bener bikin mood jadi oke banget.
Pas nyampe Selabintana, kita langsung capcus ke taman bunganya.
Ternyata, nama tempatnya Selabintana Convention & Resort.
Disana lagi rame banget ibu-ibu sama anak-anak pake baju serba putih.
Kayaknya mereka abis manasik haji gitu deh. Lucu liatnya.
Gw sama Sugi kebingungan karena kita ga nemu taman bunganya wakakakakak.
Ternyata di dalem cuma ada rerumputan dan pepohonan besar gitu.
Cocok banget buat piknik sambil gelar tikar plus bawa rantang makanan hahahaha.
But, anyway, lumayan lah buat nyegerin mata liat yang ijo-ijo :D

Setelah puas foto-foto, kita langsung capcus ke Toko Lewie Mochi untuk ngambil pesenan mochie kita.
Hmmm, mochienya ternyata baru selesai dibuat sama yang empunya toko.
Masih anget-anget harum gimana gitu. Ngiler deh!
Setelah puas beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, kita langsung capcus ke Jakarta.

Well, empat hari yang menyenangkan di Sukabumi! Jawa Barat keren!

(Sampai jumpa lagi di cerita-cerita selanjutnya yaaa!)