KIJP Batch 5: Hari Inspirasi (Final)

Senin, 11 April 2016
Yap, hari ini adalah hari yang paling gw tunggu-tunggu. Mau tau ga kenapa? Karena hari ini adalah Hari Inspirasi!
Pagi-pagi banget kelompok gw udah berangkat menuju SDN Pulau Kelapa 02 Pagi naek kapal kecil.
Agak sedikit telat sih kita, but, the show must go on!

(Finally, Hari Inspirasi!)

(Siap menginspirasi anak-anak! Photo credit: Kak Anggi)

Seru banget deh naik kapal kecil. Cuaca pagi itu mendung dan sedikit gerimis.
Ohya, sebelum berangkat kita semua makan dulu kok di penginapan, jadinya tenaga udah siap nih buat dikuras hehehe.
Di kapal seperti biasa lah yaa foto-foto, wefie-wefie, cekakak cekikik, haha hihi sambil menikmati indahnya kuasa Tuhan.

(Menuju sekolah yeyeye lalalala)

Nyampe di sekolah, kami langsung ikut upacara. Pas kami dateng, anak-anak dan guru-guru udah pada siap gitu di halaman sekolah.
Canggih banget dah upacaranya, ada tim Paskibraka-nya juga. Uwoooow, SD gw aja dulu ga sampe sebagus itu upacaranya. Padahal ini di pulau cuuuy! Luar biasa keren!

(Sekolah tampak dari atas. Photo credit: Om Haryo)

(Upacara bendera bareng guru dan siswa-siswi)

(Ikut upacara duluuu)

Setelah upacara, Kak Ica mengambil alih untuk memperkenalkan kami semua ke anak-anak. Kak Ica membuka Hari Inspirasi dengan tepuk semangat. "Tepuk Semangat! Fantastis! Bombastis! Semangat! Yeyeyeyeyey!"
Suara riuh anak-anak SD mulai menghiasi pagi yang mendung itu.
Setelah itu kami flashmob pake lagu Sherina - Kembali Ke Sekolah :)

(Lagi pada flashmob hahaha. Photo credit: Om Haryo)

Setelah flashmob, kami langsung menuju kelas masing-masing untuk mengajar yeay!
FYI nih, sebelumnya di rumah gw udah nyiapin alat dan bahan ajar buat Hari Inspirasi. Gw bawa stetoskop anak, tensimeter anak, termometer, dan bahan ajar berupa slide-slide mini tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah dari kertas karton. And guess what? Bahan ajar gw yang slide-slide itu ga kepake sama sekali pemirsah! Hahahaha
Mau tau apa yang terjadi? Yuk, capcus terusin cintaah bacanya :D
Kelas 4 & 5 adalah kelas besar yang gw ajar. Subhanallah, mereka nurut-nurut banget dan gampang diatur. Anteng banget cuuy. Ga rewel. Yes, aman!
Anak-anak satu persatu maju ke depan kelas untuk praktek dengerin detak jantung pake stetoskop dan ngukur tekanan darah pake tensimeter. Tapi, slide gw ga kepake karena waktunya ga cukup.

(Halooo kakak-kakakku semuanyaaaa)

Selanjutnya, gw ngajar Kelas 1. Ya Allah Ya Rabbi, kelas kecil ini di luar dugaan pemirsah! Ga bisa diatur banget. Gw desperadoh! Huwaaaahhh
Anak-anak pada lari-lari, ke luar kelas, berantem, ada yang nangis, bahkan anak-anak pada Sholawatan pemirsah! Yukk capcuss, mending Sholawat Nabi yes daripada nyanyi dangdut koplo yang ga jelas haha.
Anyway, walopun capek menghadapi anak-anak pulau ini, gw ngerasa seru banget bisa main dan belajar sama mereka! J


(Hai kakak dapet salam dari anak Pulau Kelapa)

Setelah semua relawan inspirator selesai mengajar, tiba saatnya closing. Konsep closing-nya ialah ada perwakilan murid yang membaca puisi di depan para guru dan murid lainnya.
Kemudian kami menggiring anak-anak ke luar sekolah, tepatnya di lapangan depan sekolah untuk mengibarkan bendera raksasa.
Ga lupa dong Om Haryo beserta drone canggihnya turut serta dalam mendokumentasikan aksi kami yang badai keceh abis itu hahahaha

(We love Indonesia! Photo credit: Om Haryo)

(Yuuk anak-anaaak, kita semangaaaat! Photo credit: Kak Anggi)

Sebelum balik ke penginapan, kita main-main dulu di jembatan asmara. Dan semakin siang, matahari semakin panas pemirsah! Gosong deh gosong gw haha
Tapi cuek aja deeh, yang penting gw hepi-hepi disanaa :D

(Badai membara wefie di jembatan asmara)

Well, ini adalah pengalaman pertama gw ikutan KIJP. Dan gw bersyukur bisa ada di antara keluarga Batch 5 dan Kelompok 3 yang banyol abis. Tiada hari tanpa ketawa deh bareng Uttaran Family!
Bisa bermain sambil belajar bersama anak-anak di pulau adalah suatu kebahagiaan tersendiri buat gw. Plus ketemu keluarga baru di KIJP yang punya visi sama itu rasanya luar biasa banget!
Terima kasih KIJP atas kesempatan yang telah diberikan! :)

(Great people!)

(Menikmati senja di pesisir pantai sambil sejenak melepas lelah. Photo credit: Difa)


NB: Ehya, pada mau tau liputan kegiatan kami di Pulau Kelapa ngapain aja? C'mon just check this link out! KIJP 5 SDN Kelapa 02 Pagi, Pulau Kelapa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!