Kelas Inspirasi Jakarta 5

Hari Pendidikan Nasional telah berlalu. Namun, semangatnya masih terasa hingga saat ini.
Pada hari Senin yang lalu, tepatnya 2 Mei 2016, gw berkesempatan mengikuti program Kelas Inspirasi Jakarta Batch 5.
Udah pada tau kan apa itu Kelas Inspirasi? Yap, Kelas Inspirasi adalah salah satu program Indonesia Mengajar, dimana relawan inspirator dari berbagai latar belakang profesi cuti selama 1 hari untuk mengajar anak-anak Sekolah Dasar terkait profesinya.

(Logo Kelas Inspirasi Jakarta Batch 5)

Untuk tau lebih jelasnya, yuk cek link berikut ini!

(Let's rock the children! Photo by Mas Mpu)

Ini adalah pengalaman pertama gw ikutan Kelas Inspirasi. Walaupun gw udah terbiasa berhadapan sama anak kecil, tetep aja masih ada rasa dag-dig-dug ser!
Gw masuk di Kelompok 5 dengan Kak Gugun sebagai fasilitator dan Kak Priscil sebagai ketua. Anggota kelompok yang lain ada Kak Wenny, Kak Bram, Mas Mpu, Kak Sere, Kak Opi, Kak Wicky, Kak Tika, Kak Chrisye, Bu Aini, Kak Astari, dan Kak Bangun. 

(Kelompok gw tercintaaah. Created by Mas Mpu)

Yang gw syukuri, kelompok gw kompak dan simpel, ga ribet, hehehe. Orang-orangnya juga baik dan kooperatif. Bersyukur banget bisa ada di Kelompok 5 J
Kelompok gw dapet di SDN 12 Kembangan Utara Petang, Jakarta Barat. Sekolah ini terletak di pemukiman padat penduduk. Di sepanjang perjalanan menuju sekolah, ternyata ada sebuah kali yang kotor banget cuy!
Ditambah lagi sekolahnya deket banget alias sebelah-sebelahan sama pusat pembuangan sampah. Jadi terkesan (maaf) kumuh.
Kebayang deh kalo musim ujan gitu pasti ada bau-bau ga sedap mengusik idung anak-anak sekolah L

Ohya, sebelum berangkat ke sekolah, kelompok gw kumpul dulu di foodcourt Mall Puri Indah. Disana kita beli beberapa peralatan yang masih kurang.
Temen-temen yang lain pun masih sibuk nyiapin bahan ajar mereka.

(Kumpul dulu sebelum ke sekolah)

Pas nyampe di sekolah, kelompok gw siap-siap dulu sebelum sowan sama guru-gurunya. Gw, Opi, Bu Aini, Bangun, dan Kak Bram sholat Dhuhur dulu di mushola sekolah. Musholanya luas dan bersih. Pas kita sholat, guru-guru juga pada sholat dhuhur berjama’ah.
Selesai sholat, kita langsung menuju ruang kepala sekolah. Kita say hello sama guru-gurunya dan mulai beraksi!
Semua siswa dikumpulkan di halaman sekolah. Kepala Sekolah memberikan sambutan sekaligus menerima kami seluruh relawan Kelas Inspirasi Jakarta Batch 5.
Kemudian Kak Priscill selaku ketua kelompok memberikan sepatah dua patah kata. Then, gw sama Tika mulai beraksi memimpin flashmob!
Flashmob berlangsung selama 2 menit pake lagu Sherina Kembali Ke Sekolah. Semua anak termasuk guru-guru pun ikut nari-nari. Lucu banget deh anak-anaknya pada ketawa-ketawa gitu pas ngikutin gerakan flashmob. Seru banget!

Setelah flashmob, para relawan segera menuju ke kelas masing-masing sesuai jadwal mengajar yang sudah dibuat oleh Kak Priscilla.
Gw kebagian ngajar kelas 1, 3, 4, dan 5. Untuk kelas besar, yakni kelas 4 dan 5, gw ajak anak-anak praktek menggunakan stetoskop. Mereka semua antusias, kecuali ada satu anak di kelas 4 yang sama sekali ga mau nyoba. Alasannya karena dia ga suka pake stetoskop. Hmm, okelah gw ga maksain.
Perbedaan antara kelas 4 dan 5 itu, kalo anak kelas 5 gampang banget diaturnya, pada nurut-nurut. Kelas 4? Hmmm bukan lagiiih, riweuh banget deh mereka! Ada yang lari-larian, ngejailin temennya, main berantem-beranteman sampe gw keringetan parah! But, overall, seru banget main sama mereka :D

(Ssssst, jangan berisik! Photo by Mas Mpu)

Untuk kelas kecil, yaitu kelas 1 dan 3, gw ngajarin lagu cuci tangan pakai sabun. Gw nulis di papan tulis lirik lagunya dan anak-anak gw instruksiin buat nulis di bukunya.
Dan cara ini ampuh bikin mereka anteng. Mereka pada semangat nulis di buku masing-masing.
Selesai nyatet, gw ajak mereka nyanyi sama-sama. Mereka semua pada semangat membara pemirsah!
Apalagi yang kelas 3, semangat gilaaa! Pas gw tawarin siapa yang mau maju ke depan buat nyanyi lagu CTPS, mereka pada berebutan! Supeeerrr!
Terakhir, mereka nulis cita-cita di post it untuk ditempel di pohon cita-cita. Waaw emejing! Anak-anak antusias bangeeeettt!

(Yuk, cuci tangan pake sabun! Photo by Mas Mpu)

(Yuk, tulis cita-citamu!)

Selesai menempelkan post it di pohon cita-cita, semua anak digiring ke halaman sekolah untuk closing acara Kelas Inspirasi.
Semua guru dan murid tampak bahagia J Alhamdulillah J
Yang lucu, ada persembahan dari sekolah berupa tari mamere. Yang setelah disetel ternyata lagu baderoan pas gw di Ogotua dulu! Yang liriknya ‘ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri maniseeee…’
Orang Sulawesi atau NTT pasti tau lah yaaa hihiiii

(Bu guruuu, pak guruuu kami sayang kalian :* Photo by Kak Sere)

Hari sudah semakin senja dan kami pun harus pamit kepada seluruh guru dan murid.
Well, gw seneng banget bisa ikutan Kelas Inspirasi Jakarta ini. Gw bisa ketemu orang-orang baru yang hebat dan kece badai.

(Kelompok 5 yang kece badaaai)

Gw juga bisa ketemu murid yang lucu-lucu dan tentunya guru yang keren-keren seperti iniiiii....

(Bu guru kece badaaaaai. Photo by Mas Mpu)

(Ini nih yang bikin semangat ikutan Kelas Inspirasi)

Last but not least, gw mau ngucapin Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk seluruh pendidik dan pembelajar di seluruh penjuru Indonesia!

(Photo by Kak Anggi)

(Great moment with them)

(Yuk, yang lainnya join Kelas Inspirasi yaaa! Photo by Mas Mpu)





Komentar

  1. Wah, senangnya photo2 saya ada di blognya ceu romlah... hahahaha, nice blogpost mba iim. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada Mas Mpu! Hahahaha.. Makasih ya mas udah mampir ke lapak gw ngehehe :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!