Jelajah Banten Lama: Trip to Keraton Kaibon

Hai semuanya! Gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja yah :)
Kali ini gw mau nge-review perjalanan gw pas long weekend kemaren.
Judulnya sih long weekend, tapi jalan-jalannya cuma sehari aja hahaha, gapapa lumayan daripada ga jalan-jalan sama sekali :D
Tanggal 5 Mei 2016 gw, Ardania, dan Kang Didi pergi ke Banten.
Ceritanya sih gw nemenin Ardania survey Panti Asuhan Baiturrahman di Kasemen, Banten untuk acara bakti sosial komunitasnya Ardania, Backpacker Society.
Gw sama Ardania berangkat dari Cilegon naik mobilnya Ardania. Trus di Mall of Serang, kita jemput Kang Didi.
Ohya, sebelum capcus ke Banten, kita sholat dulu di Masjid RS Sari Asih Serang.
Masya Allah, bagus banget deh masjidnya. Adem pula. Betah deh gw lama-lama disono wkwkwk.

Selesai sholat, kita langsung berangkat ke Kasemen.
Ampun-ampunan deh ya, Banten panas banget cuy! Lebih panas dari Cilegon.
Singkat cerita, kita nyampe di pantinya dan mulai survey-survey hehehe.
Setelah survey, kita bertiga langsung lanjut ngebolang deh tuh ya ke sekitar Banten.
Karena gw buta daerah Banten, gw ngikut aja deh sama Ardania mau dibawa jalan-jalan kemana.
Akhirnya Ardania ngajak gw sama Kang Didi ke Keraton Kaibon di Banten Lama.

Dua puluh delapan tahun tinggal di Banten, baru kali ini gw menginjakkan kaki Keraton Kaibon.
Masuk kesini ga bayar kok, Cuma bayar parkir Rp.5,000 perak ajah, murah kan?
Turun dari mobil, kita langsung disambut sama matahari siang yang sangat-sangat terik!
Maklum, kita kesananya jam 2 siang! Hahahahaha
Gosong, gosong deh nih muka. Padahal mutihinnya udah susah payah, tapi dalam beberapa jam langsung gelap seketika! Wakakakakak

Area Keraton Kaibon cukup luas. Bangunan tua berupa fondasi-fondasi keraton dari bebatuan masih berdiri kokoh.
Rerumputan segar nan hijau terbentang bak permadani dari batu zamrud *lebay hahaha*
Eh tapi bener sih, rumputnya masih asri, segar, dan hijau.
Ngeliat bangunannya, serasa ada di Yunani deh.

(Hmmm bagaikan di Yunani)

Ohya, pas kita kesana, ada beberapa pengunjung, tapi ga terlalu banyak, mungkin karena siang bolong jadi pengunjung belum terlalu rame.
Ada juga yang lagi foto prewedding disana. Nice place for photoshoot!
Di sisi kanan pelataran keraton, ada danau yang warna airnya kayak ijo lumut, mmm aslinya sih lebih kayak warna cincau hehehe.
Trus di pinggir danaunya ada pohon besar buanget! Banyak akar-akar gantungnya juga. Cantik deh, kayak di negeri-negeri dongeng gitu :D

(Haaaaaaai!)

(Di bawah pohon mau cari pesugihan wkwkwk)

Puas foto-foto di pinggir danau, kita masuk ke pelataran keraton.
Hmmmm bener-bener serasa kayak di Yunani gitu, klasik-klasik gimana gitu tuh hehehe.
Ardania cerita ke gw kalo Keraton Kaibon ini dibangun khusus oleh raja Banten gitu deh *ga tau namanya* untuk permaisurinya.
Mau deh gw dijadiin permaisurinya si raja Banten hahahaha.

(Kalo ini namanya Permaisuri Iim hahaha)

(Foto model masa kini ceunah hahaha)

Ohya, kita ga lama-lama di Keraton Kaibon. Udah puas foto-foto, kita langsung capcus pulang.
Sebelum pulang, Ardania sama Kang Didi ngajak gw bentar ke Pelabuhan Karangantu.
Ga turun ke pelabuhannya sih, cuma lewat doang hehehe.
Kata Ardania, Pelabuhan Karangantu ini dulu adalah pelabuhan besar gitu, banyak pedagang-pedagang dari Persia, Asia, dll melipir ke pelabuhan ini.
Tapi sekarang? Ya ampun kumuh banget pelabuhannya. Kotor. Sayang banget yah.
Padahal kalo mau ke Pulau Tunda, biasanya naik kapalnya dari Pelabuhan Karangantu.
Potensi pariwisatanya ada tuh kan yaah, coba kalo pelabuhannya dirawat dan lebih diperhatikan, pasti wisatawan juga seneng liatnya.

Well, liburan singkat ke Keraton Kaibon ini berhasil bikin long weekend gw sedikit berwarna!
Tadinya sempet sedih long weekend ga akan kemana-mana karena lagi ga ada duit cuy hahahaha.
Alhamdulillah, bisa liburan murah ke Keraton Kaibon, Banten Lama.
Yuk semuanya, mari jelajah Banten! ;)

(Yuk, jelajah Banten!)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!