KIJP Batch 5: Siap Angkah Sauh! (Part 3)

Minggu, 10 April 2016
Gw dan temen-temen relawan KIJP 5 udah pada kumpul di Dermaga 22 Marina Ancol. Tanggal 9 Aprilnya gw udah ke Jakarta dan nginep di kosnya Mbak Leni, temen gw sesama relawan KIJP 5 di Kelompok 3.
Jam 04.00 WIB gw sama Mbak Leni udah kukuruyukaan bangun! Howaaa ngantuk banget cuuuy! Kami langsung mandi dan siap-siap kumpul di meeting point, Halte Busway Salemba.
Gw dan Mbak Leni berangkat bareng sama Kak Mega, Kak Ica, Kak Tia, Kak Yefta, dan Kak Romey naik Uber. Lumayan ciin murah patungan wkwkwkwk.
Sesampainya di Ancol, kami makan mie rebus dulu. Maklum, belom pada sarapan, laper!

(Siap berlayar!)

Cuaca pagi itu agak mendung. Ada enaknya juga sih, ga panas, ademmm hehe..
Jam 08.00 WIB semua relawan naik kapal dan ready to go, bibeh!
Ohya, FYI, gw dikasih tau sama Kak Yudi, Pak Ketua Kelompok 3, biar ga pusing, ambil tempat di atas kapal soalnya lebih stabil terhadap ombak ataupun goncangan.
Kelompok gw pun langsung capcus ciin naek ke atas kapal.
Dan ternyata kelompok lain juga pada ambil tempat di atas kapal. Jadi rame banget tuh suasana di atas kapal kayak di pasar! Hahahaha
Aaaaah, naik kapal dan ngeliat laut yang biru bener-bener bisa ngobatin rasa rindu gw sama Ogotua!

(Suasana di atas kapal. Photo credit: Kak Maya)

Di kapal. gw sama geng Kinchaku yang dimotori oleh Kak Temmy, latihan praktek membuat tas kinchaku soalnya sore itu juga kita langsung ngadain kegiatan masyarakat sama ibu-ibu.
Gw diajarin ngesom, jait jelujur, iket mati, simpul benang, masukkin benang ke jarum. Seru juga nih ngejait yah hehehehe.
Alhamdulillah lumayan dapet ilmu baru :) Thanks Kakak Temmy ilmunya!

(Suasana latihan membuat tas kinchaku. Photo credit: Kak Maya)

Selesai belajar jait, geng kinchaku pada bu to the bar, bubar! Hahahaha
Ada yang tidur, mainin hape, ngemil-ngemil, yaaa me time gitu. Kelompok lain ada yang nyanyi-nyanyi sambil gitaran, main kartu, tebak-tebakan, macem-macem deh hehehe
Kalo gw pergi ke samping kapal, duduk-duduk sambil liat pemandangan laut.
Angin cepoi-cepoi ditambah cuaca mendung, hmmmm asoooy nikmatnyaaa :D

Nyampe di Pulau Kelapa kami langsung disambut terik matahari yang luar biasa dahsyatnya! Panas banget cuuuuy! Hampir sama lah panasnya kayak di Ogotua.
Kami semua langsung capcus menuju penginapan. Dari dermaga, kami jalan kaki. Barang bawaan yang berat-berat semuanya dinaikin ke becak.
Kak Evin selaku PIC kelompok gw pun langsung menyambut kedatangan kami :)

(Jalan menuju penginapan. Photo credit: Kak Anggi)

Hmm, in my opinion, Pulau Kelapa cukup rame yah, penduduknya lumayan padat.
Pulaunya juga lumayan luas. Tapi jangan nanya berapa luasnya ke gw, gw ga apal hehehe.
Setelah sholat, makan siang, dan istirahat, kami langsung bergerak menuju sekolah untuk eksekusi kegiatan masyarakat dan lingkungan.

(Pulau Kelapa tampak dari atas. Photo credit: Om Haryo)

Sesampainya di penginapan, kami langsung menuju kamar masing-masing. Gw sekamar sama Kak Romey, Kak Leni, dan Kak Mega.
Penginapannya cukup bagus. Kamar mandinya ada dua. Untuk kamarnya sendiri ada 4. Semuanya ber-AC alhamdulillaaah.
Gw ga ngebayangin apa jadinya kalo ga ber-AC. Bisa-bisa gelisah mulu kayak cacing kepanasan hahaha.
Setelah semuanya dapet kamar, kami makan siang, sholat dhuhur, dan istirahat sebentar.
Jam 2 siang kami segera menuju sekolah untuk melakukan kegiatan lingkungan dan masyarakat.

Karena gw bertugas di geng kinchaku, gw bakal nge-review kegiatan geng kinchaku aja yak :)
Untuk kegiatan membuat tas kinchaku sendiri, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Ibu-ibu yang dateng lumayan banyak walopun sebelumnya gw sama Kak Tia kudu ngider-ngider ngasih tau ibu-ibu buat dateng ke sekolah.
Ada yang antusias mau dateng, ada juga yang ga mau dateng dengan alasan nungguin anak pulang sekolah atau ga bisa jait.
Capek? Oh iya tentu saja pemirsah. Tapi, semua lelah itu langsung ilang seketika pas liat semangat ibu-ibu praktek membuat tas kinchaku.
Pesen ibu-ibu setelah selesai kegiatan ialah mereka pengen banget untuk kegiatan selanjutnya ialah masak-memasak.

(Ibu-ibu Pulau Kelapa lagi asyik belajar buat tas kinchaku)

(Tim Kinchaku)

Selesai kegiatan masyarakat dan lingkungan, kami kembali ke penginapan. Tapi, gw sama beberapa temen kelompok 3 mampir beli jus di rumah Pak RT setempat.
Gw beli jus mangga hmmm maknyuuusss seger-seger di tenggorokan, glek!
Kami mampir ke dermaga untuk ngeliat sunset. Heboh banget dah kita wefie-wefie demi mendapatkan penampakan sunset!

(Ya Allah tu muka udah kayak kilang minyak ajee)

Puas foto-foto, kita langsung balik ke penginapan. Singkat cerita kita mandi, makan malem, dan lanjut rapat!
Rapat malem itu kita ngebahas persiapan Hari Inspirasi.

(Suasana rapat persiapan Hari Inspirasi)

Setelah rapat, kita pada latihan flashmob.
Ampun dah banjir keringet lagi pas latihan flashmob! Geraaaaaah sungguh geraaah pemirsah!
Tapi seru banget cekakak cekikik hihihiii. Ga lupa ada Om Haryo yang dokumentasiin aksi kita pake drone horeeeeee canggih Om!

(Satu dua satu dua goyaaaaaang)

(Maju mundur maju mundur syantiiik syantiiiiikk)

Selesai latihan flashmob, kita langsung capcus tidur demi saving energy untuk besok Hari Inspirasi! :D