Pencerah Nusantara: Awal Perkenalan

Aaah, lama ga nulis blog nih :)
Hmmm, kali ini gw mau share pengalaman gw 3 tahun yang lalu pas gw ikut program Pencerah Nusantara. Apa sih itu Pencerah Nusantara? Pasti pada penasaran yakk hihihii.
Yuk ah daripada penasaran, langsung aja capcus pantengin cerita gw :D

Pencerah Nusantara merupakan gerakan sosial di bidang kesehatan guna memperkuat pelayanan kesehatan primer di pelosok Indonesia. Program ini diinisiasi oleh Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia (KUKPRI) untuk Millennium Development Goals (MDGs).
Daerah sasaran Pencerah Nusantara ada di 7 lokasi, yaitu Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat), Karawang (Jawa Barat), Tosari (Pasuruan, Jawa Timur), Ende (Nusa Tenggara Timur), Berau (Kalimantan Timur), Ogotua (Sulawesi Tengah), dan Lindu (Sulawesi Tengah).
Pencerah Nusantara ini hampir sama dengan Dokter PTT sih, cuma perbedaan yang signifikan ialah ruang lingkup kerjanya. Kalo PTT kan lebih ke arah kuratif dan yang mengadakan Kementerian Kesehatan, nah Pencerah Nusantara ini lebih mengedepankan kegiatan-kegiatan yang sifatnya preventif dan promotif. 
Jadi, kami tim Pencerah Nusantara kudu ngeluarin effort lebih untuk mengubah paradigma masyarakat tentang sehat, dimana untuk menjaga kesehatan, kita kudu mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit. Seperti kata pepatah "Mencegah lebih baik daripada mengobati" Yep!


Perkenalan awal gw sama Pencerah Nusantara bener-bener ga sengaja banget. Dulu post lulus jadi dokter, cita-cita gw itu pengen banget PTT ke daerah terpencil. Kayaknya seru aja gitu bisa bertugas di pedalaman dengan segala keterbatasan yang ada. Sepertinya bisa meningkatkan kreativitas dalam menerapi pasien, dalam menyikapi hidup, dan dalam mencari hiburan *jiaaahahahaha*
Kebetulan Februari 2013 ada pembukaan PTT periode 1. Daftarlah gw ke Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dan Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Tapiii, pas itu gw ga lolos pemirsah! Huhuhuuu, itu rasanya yah, kecewa dan sediiiih banget!
Malemnya post pengumuman PTT, salah satu sahabat baik gw, Titin, SMS gw nanyain hasil PTT apakah gw keterima atau engga. Setelah Titin tau gw ga keterima, Titin nyaranin gw buat ikutan Pencerah Nusantara. Saat itu gw ga tau apaan yak itu Pencerah Nusantara?! Akhirnya gw buka deh situsnya dan baca-baca. Menarik dan menantang! Dua kata itu yang bisa menggambarkan kesan pertama gw sama Pencerah Nusantara.

Tanpa pikir panjang, malem itu gw langsung ngisi form aplikasi pendaftaran dan langsung malem itu juga gw bikin essay. Padahal besoknya bates akhir pendaftaran looh. Yaah, mungkin ini udah jalan yang Allah tunjukkin ke gw yah, gw jadi tau Pencerah Nusantara lewat temen gw dan otak gw pada saat itu lagi mengalir bak air di sungai buat ngisi essaynya haha.
Gw sih saat itu nothing to lose pas daftar Pencerah Nusantara. Dapet alhamdulillah, ga dapet yaaa dicoba lagi pendaftaran PTT periode berikutnya.

Hari demi hari telah berlalu, minggu demi minggu telah berlalu. Gw udah lupa kalo gw daftar Pencerah Nusantara.
Sampe akhirnya gw pergi ke Malang buat ikutan Pelatihan Resusitasi Neonatus, kalo ga salah itu bulan Mei 2013. Pas perjalanan ke Malang di bus, tiba-tiba hp gw bunyi. Gw liat nomornya 021xxxxx. Gw kaget “Ini kan nomor Jakartee?! Ada apa gerangan?” Pikir gw.
Pas gw angkat jeng jeng jeeeeng “Halooo, ini dengan Iim Karimah? Saya xxxxx *ga jelas siapa namanya hihi* dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals” Glek! Gw nelen ludah. Kantor Presiden? What??!!! Ada apa iniiiiiihhh???!!! *lebay*
Ternyata si mbak penelepon ngingetin gw buat cek email. Katanya gw lolos tahap 1 Pencerah Nusantara Batch 2. Gw disuruh konfirmasi buat ikutan seleksi wawancara, psikotest, dan focus group discussion (FGD).
Weewww, gw mana pernah cek email wkwkwwk. Akhirnya singkat cerita, pulang dari Malang gw langsung siap-siap ke Jakarta buat ikutan seleksi tahap 2.
Guess what?! Titin juga ternyata lolos booo! Hari interviewnya juga sama kayak gw woohooo! Seneng-seneng gw bisa reunian sama Titin :*

Singkat cerita, datanglah hari seleksi tahap 2. Peserta seleksi nginep di Hotel Menteng, Jakarta Pusat. Seleksi diadakan di KUKPRI ga jauh dari hotel.
Alhamdulillah disini gw banyak ketemu orang-orang baru yang keren-keren. Dan disini jugalah pertama kalinya gw ketemu mantan pacar gw yang sekarang udah jadi suami gw bahahahahaha.
Skenarionya Allah emang indah yah, setelah bertahun-tahun gw ngejomblo dan madesu karena ga ada cowok yang mau, eeeh ikutan Pencerah Nusantara malah ketemu jodoh wkwkwkwkwk.

Oke, lanjut ke seleksi. Pertama gw seleksi wawancara dulu. Gw diwawancara sama empat orang panelis. Yang gw tau cuma Pak Mufti doang hehehe. Beliau ialah staf KUKPRI. Tiga lainnya gw ga tau beliau-beliau ini siapa, kayaknya salah satu ada yang Psikolog deh hehe.
Pertanyaannya seputar kepribadian gw, pengetahuan gw tentang masalah kesehatan di Indonesia, dan pengalaman gw selama jadi dokter. Sejujurnya gw agak jiper sih pas ditanya masalah kesehatan Indonesia, huhuhuhuuu gw banyak ga taunya sebenernya. Padahal gw dokter gituh hiksss.
Dan post wawancara gw agak bad mood soalnya ngerasa ga meyakinkan aja. Dan gw baru menyadari kalo wawasan gw tentang masalah kesehatan di Indonesia ternyata masih NOL BESAR! Lumayan ketampar sih gw huhuu.

Siangnya post makan siang, gw lanjut FGD. FGD ini terdiri dari 6 orang. Salah satunya ialah mantan pacar gw tadi kikikikikkk :p Yang lain ada Umam, Septi, Mbak Claudya, dan Nike.
Tema FGD-nya ialah jika kita terdampar di suatu pulau, prioritas barang apa aja yang kudu dibawa untuk meninggalkan pulau itu? Kudu ada 5 barang yang dipilih plus alasan milih barang itu apa.
Di FGD ini kami bebas mau menggunakan sistem begimane. Umam pun segera mengambil alih untuk memimpin jalannya FGD. Satu per satu dari kami mengungkapkan pendapat. Dan pas FGD, gw ga banyak ngomong. Malah kayaknya gw deh yang banyak diem wkwkwkwk. Entah kenapa kalo untuk urusan diskusi, gw selalu melempem ga berani ngungkapin ide hiksss :( 

Setelah FGD, gw lanjut Psikotest. Ada yang konyol dari Psikotest ini. Kan kami semua disuruh ngisi angka-angka yang jumlahnya banyaaaaaak banget, kayak kertas koran gitu. Nah, gw mispersepsi tentang cara pengisiannya.
Gw malah semuanya gw isi pake angka 0 hahahahahaha. Harusnya kan angka belakangnya apa setelah dijumlah, itu yang ditulis.
Hiks, da aku mah apa atuh, baru pertama kali ikutan Psikotest sih wkwkwkwk.

Interview yang ga meyakinkan, FGD yang madesu, plus Psikotest yang gagal total, gw ngerasa pesimis. Maunya sih optimis, cuma gw pasrah sama hasilnya.
Selagi nunggu pengumuman Pencerah Nusantara, gw daftar lagi PTT periode 2 sekitar bulan Juni 2013. Gw daftarnya ke Bima, Nusa Tenggara Barat.
Singkat cerita, akhirnya pengumuman Pencerah Nusantara Batch 2 keluar. Dan taraaaaaa! Gw LOLOS pemirsah! Temen gw Titin juga lolos kyaaaaaaa seneng banget gw!
Beberapa minggu setelah pengumuman Pencerah Nusantara, daftar dokter yang lolos PTT pun keluar. Dan gw LOLOS pemirsaaaah!!
Alhamdulillaaah, penantian panjang untuk mengabdi ke pelosok Indonesia akhirnya terkabul :)

Dan saat itu gw harus memilih antara Pencerah Nusantara dan PTT. Gw timbang baik buruknya. Gw pun lebih memilih Pencerah Nusantara pemirsah!
Karena gw pikir, Pencerah Nusantara ini lebih menantang. Pengalaman dan ilmu yang didapet juga lebih banyak. Gw ga hanya melulu berkutat sama hal-hal yang berbau kuratif, tapi juga lebih mengedepankan prevensi dan promosi kesehatan. Gw ga cuma jadi dokter fungsional ajah, tapi juga ikutan ngurusin strukturalnya Puskesmas. Ditambah selama setahun di penempatan, gw kudu jadi team leader karena gw seorang dokter. Nah! Disini gw mikir kalo gw bisa belajar jadi seorang pemimpin pemirsah. Gw kudu jadi dokter yang tangguh, yang berani, yang punya leadership tinggi. Gw kudu berubah! *kayak power rangers*
Plus bonus kalo Pencerah Nusantara Cuma setahun doang, PTT dua tahun. Dan Pencerah Nusantara ini team-based, beda sama PTT yang kerja sendiri. Disinilah gw merasa tertantang banget.
Oleh karena pertimbangan-pertimbangan itulah, gw lebih milih Pencerah Nusantara! Jeng jeeeeeeeeng!
Dan gw ga salah pilih pemirsah. Kapasitas gw sebagai seorang dokter melejiiiiit bak roket meluncur ke bulan wkwkwkwk.

Cerita selengkapnya, ditunggu yah pemirsah! Salam peace, love, and gaooollll!


(Tim Pencerah Nusantara Batch 2)

Ohya, klik link di bawah ini ya kalo temen-temen semuanya pengen tau lebih detail tentang Pencerah Nusantara :) 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!