Akhirnya Menginjakkan Kaki Juga di Pekanbaru!

Gw adalah tipe orang yang ga bisa diem di satu tempat. Itulah makanya kalo ada tawaran proyek cuma seminggu, dua minggu, atau beberapa bulan gitu pasti gw ngiler pengen apply hehe...
Berawal dari info lowongan kerja sebagai enumerator untuk studi terkait Maternal and Child Health yang gw dapet dari suami gw *wooow ini penelitian gw banget! terkait MCH gitu loh!*, gw langsung apply deh ke LSM di salah satu kota di NTB. Penelitiannya diadakan salah satunya di Provinsi Banten, provinsi dimana gw tinggal, selama 4 bulan. Kebetulan gw juga kepengen nambah pengalaman di bidang research kan, makanya gw langsung apply.

Singkat cerita, gw langsung kirim CV dan cover letter via email, trus akhirnya ditelepon sama pihak LSM-nya, trus kemudian gw disuruh ujian semacam tes kemampuan akademik gitu *gw sampe mikir sampe segininya yah ada tesnya hehehe*. Tapi sayang disayang gw kagak lulus coy! Hiks cediiih... Eh minggu depannya gw ditelepon lagi disuruh tes ulang, gw sih mengiyakan, tapi...gwnya males tes hehehe. Akhirnya gw merelakan kesempatan ini deh. Insya Allah ada gantinya... Dan alhamdulillah, Allah memang menggantikannya dengan yang lebih oke :)

Beberapa minggu kemudian, gw dihubungi sama senior gw di kantor Pencerah Nusantara dulu. Namanya Mbak Ufara Zuwasti, gw biasa panggil Mbak Ufa. Mbak Ufa nawarin job enumerator untuk studinya di kantornya yang sekarang. FYI, Mbak Ufa kerja di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)-Sekretariat Wakil Presiden RI. Kata Mbak Ufa, survey bakal dilaksanakan selama 2 minggu di Bogor, Jakarta, Ciamis, Pekanbaru, Bengkalis, Manggarai, Kupang, Minahasa Utara, dan Manado. Woooow! Mata gw langsung berbinar-binar deh waktu itu! Gw bakal jalan-jalan keliling Indonesia! Hehehehe *jeledek*
Setelah gw tanya suami gw, suami gw sangat ngedukung banget. Gw disuruh ambil kesempatan ini. Secara cuma 2 minggu, yang nawarin adalah Mbak Ufa seorang wanita yang cerdas dan hebat *lulusan Oxford boooo hehehe*, udah gitu bisa sekalian jalan-jalan *ga lupa deh ya gw kongkow-kongkownya :p*
Akhirnya gw mengiyakan tawaran Mbak Ufa. Dan yang bikin gw excited adalah ternyata Sugi, temen setim gw pas jadi PN Ogotua, juga ikutan survey ini! Yihaaaaa...gw makin kegirangan!

Gw berharap banget, gw dapet di Riau dan NTT. Secara gw belom pernah ke dua tempat itu. Kalo Jakarta dan Bogor mah semua wajib ikutan. Kalo Ciamis kan gw udah pernah kesana. Manado sama Minahasa Utara udah pernah juga kesana *nanti gw review yah petualangan gw selama disana hihihiii*. Gw berdoa tiap malem tiap sholat tiap saat *lebay dot com-nya keluar*. Dan akhirnyaaa...taraaaaa! Gw dapetnya di Pekanbaru sama Kupang! Yeaaaay! Soulmate gw selama survey mau tau siapa! Sugianteng! Wooohoooo...gw makin excited!



(Gw sama Sugianteng selfie dulu yeee. Ini pas briefing hari pertama)


Pilot project survey ini diadakan di Bogor, yaitu di Dinas Kesehatan Kota Bogor dan RSUD Cileungsi Bogor. Omaigoot...gw akhirnya ke Jonggol juga!!! RSUD Cileungsi itu ternyata di Jonggol. Gw sering denger orang-orang nyebutin Jonggol, ternyata Jonggol emang jauuuuuuuuh banget! Hehehe... Disini gw ga akan banyak cerita tentang survey di Bogor yah.
Sebelum berangkat ke survey site, kita briefing lagi di kantor TNP2K sampe menjelang malem dan sampe kepala gw nyut nyutan hehehe...



(Briefing sebelum berangkat ke daerah survey. Udah ngantuk kita -,-)


Tanggal 12 Maret 2015, jam 03.00 pagi, gw sama Sugi udah bangun. Kita udah janjian ga usah mandi, biar nanti di hotel aja mandinya. Jadi kita cuma sikat gigi sama cuci muka aja deh.
Gw juga ikut-ikutan Sugi ga bawa handuk, odol, sikat gigi, shampo, sama sabun. Kata Sugi di hotel juga nanti dapet kok. Gw pikir iya juga yah daripada berat-beratin ransel.
Jam 06.00 pesawatnya take off. Kita naik Garuda Indonesia ciyeeeeh seneng deh hahaha *ndeso*. Ohya, gw sama Sugi sebenernya ga nyangka banget bisa naik pesawat ke luar pulau Jawa lagi. Kita kira, Ogotua itulah terakhir kali kita bertugas di luar daerah. Alhamdulillah ya Allah, Kau memberikan kami kesempatan lagi :)



(Sebelum masuk ke pesawat. Kantong mata gw gede amat yak)


Jam 08.00 pagi kita nyampe di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Aaaaaaah seneng banget!
Akhirnya kita menginjakkan kaki di bumi Riau juga! Saking senengnya, kita sampe guling-guling di bandara hahahaha *bercanda keles hehe*
Di bandara, kita udah ditunggu sama Pak Sopir *namanya siapa yak, gw lupa, asli lupa*. Kita langsung menuju Hotel Jatra. Wuiiih hotelnya bagus banget deh, gw sampe mangap gitu liatin hotelnya *ndeso lagi*
Pas mau check in, ternyataaaa jeder! Kita belom bisa check in! Kita baru bisa check in jam 12 ke atas haaaaaaaa T____T
Gw sama Sugi langsung panik, hopeless, tak tau arah, mana kita udah ditinggalin lagi sama Pak Sopir. Mbok ya jangan ditinggal dulu po'o pak...tunggu sampe kita bener-bener check in :(
Gw sama Sugi bingung banget, kita berdua belom mandi, kumus-kumus, layu, kumel kusem dekil, hikss ga banget deh. Ga mungkin kita langsung ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru tanpa mandi dulu. Nanti bisa-bisa mereka mikir "Ini utusan dari Jakarta kenapa memble begini yah". Oh noooo! Ga bisaaaa!
Gw sempet mikir mau numpang mandi di masjid atau mushola, atau nekat-nekatnya numpang ke rumah warga setempat hehehe.
Alhamdulillah banget, Sugi inget kalo dia punya Om yang tinggal di Pekanbaru. Alhamdulillah banget nyambung dan kita akhirnya bisa numpang mandi disana yeaaaaay! *teprok-teprok*
Si Pak Sopir kita calling lagi dan capcuuuus meluncur ke rumah Omnya Sugi :D

Permasalahan yang kemudian muncul adalah gw baru inget kalo kita berdua ga bawa alat mandi blasss haaaa!!! T____T
Udah deh ntar cari warung aja di deket rumah Omnya Sugi.
Pas nyampe di rumah Omnya Sugi *gw lupa Om siapa namanya hehehehe :p*, kita diajak makan di luar dulu. Eh iya, ada yang lupa gw bilang, Pekanbaru itu menurut gw bersiiiiiiiiiih banget kotanya. Rapi dan tertata apik. Ga salah deh kalo dapet penghargaan Adipura *menurut penuturan Pak Sopir*.
Disana juga banyak warung-warung kopi. Kalo pagi, masyarakat Pekanbaru suka banget ngopi atau ngeteh di warung kopi itu.
Kembali ke laptop, akhirnya kita diajak makan di Warung *apa ya namanya gw lupa, yang punya itu enci-enci oriental gitu*. Kita disana makan Mie Selat Panjang. Gw ga ngopi, ga suka, cuma minum teh aja. Dan tehnya tawar. Gw ga tau apa emang di warung-warung kopi gitu tehnya tawar, apa cuma disitu aja.
Ohya, Mie Selat Panjang enak banget! Bumbunya rame, menyala, dan rasanya hmmm...kaya akan cita rasa rempah Indonesia hehehe...



(Nah, ini dia yang namanya Mie Selat Panjang)


Selesai makan, gw sama Sugi beli alat mandi lengkap, kecuali handuk. Gw andukan pake baju kotor aja deh hihihihihi *jorok* *kepepet gimana lagi*
Sugi cuma beli sikat gigi aja, sisanya dia mau nebeng alat mandi gw katanya. It's okay...
Pas nyampe di rumah Omnya Sugi, ternyata kita mandi di tempat yang berbeda! Gw di rumahnya siapa, Sugi di rumahnya siapa. Dan gw baru inget kalo alat perang mandinya Sugi kan cuma sikat gigi doang, sisanya??? Ah, Sugi pasti bisa survive hahahaha *ketawa setan*
Selesai mandi, kita dandan cantik dan mulai capcuuuuus survey. Untuk surveynya ga usah diceritain disini yah, mending kita cerita tentang jalan-jalannya aja hehehe :p
Ohya, untuk survey ini kita dibantu sama dua enumerator lokal, namanya Debby Meilani dan Fara *nama panjang Fara gw lupa hehehe*
Selesai survey di Dinkes Kota Pekanbaru, kita diajak makan sama Dokter *siapa yah namanya gw lupa hiks* ke rumah makan disana. Ternyata kalo di Pekanbaru, kalo kita makan di rumah makan, pelayan bakal menghidangkan beberapa jenis makanan. Terus kita tinggal pilih mau makan apa. Makanannya ya Allah...berminyak semua! Jeroan pula haaa -,- Kalo tiap hari makan pasti kolesterol sama asam urat pada naek! *pisss hehe*
Pantes aja orang-orang Riau pada besar-besar yah badannya *ga semua sih*, makanannya kayak gitu hehe *pissss lagi :p*



(Groufie dulu sama dokter-dokter Puskesmas di Kota Pekanbaru)



(Yuk yak yuuk groufie dulu sama dokter-dokter dari Klinik Mulya Pekanbaru)



(Walaupun udah malem mata kriyep-kriyep, tetep yah semangat survey. Ini di Klinik Marpoyan)


Kita di Pekanbaru cuma tiga hari dua malem. Kebetulan pas kita berdua lagi di Pekanbaru, Novi alias Nopang alias Teh Nopi si gadis sunda juga lagi di Pekanbaru. Janjian mau ketemuan tapi ga bisa karena jadwal gw sama Sugi padet bangeet. Maklum wanita karir hehehe... *sok sibuk*
Gw sama Sugi itu udah klop banget deh. Kalo untuk urusan kerja jalan, untuk urusan kongkow-kongkow juga jalan terus muihihihi :p



(Hari kedua survey, capek laper, akhirnya kalap banget)


Sebelum balik ke Jakarta, kita sempetin jalan-jalan ke Pasar Bawah. Gw tadinya mikir kalo Pasar Bawah itu semacam pasar outdoor, ternyata eh ternyata bukaaan! Itu kayak Tanah Abang gitu, tapi jual suvenir-suvenir khas Pekanbaru, makanan-makanan import, dan aksesoris. Gw sama Sugi cuma muter-muter di lantai paling bawah deket parkiran aja. Sugi borong makanan minuman banyak banget sekardus! Gw cuma beli kacang campur-campur *kata Sugi ini cuma dijual di Malaysia aja* sama kaos I Love Pekanbaru untuk suami tercinta :*
Lagi asyik-asyik milih kaos, tiba-tiba ada yang nepuk bahu gw dari belakang. "Kak Iiiiiiiiim!" Omaigoooot, ternyata si gadis sunda alias Teh Nopi lagi belanja-belinji disitu juga!
Alhamdulillah, Allah mempertemukan kami :) Langsung deh tak lupa kami selfie-selfie hehehe :D



(Dari kiri ke kanan: gw, Teh Nopi, Sugi, temennya Teh Nopi)


Puas belanja-belinji, gw sama Sugi langsung capcus ke rumah Omnya Sugi lagi. Kita packing-packing ulang, bersiap ke bandara.
Di bandara, sebelum masuk ke pesawat, kita ketemuan dulu sama duo enum lokal kesayangan kita berdua, Debby & Fara. Kita dibawain oleh-oleh Bolu Kemojo khas Pekanbaru. Bolu Kemojo ini dibuat dari daun pandan. Rasanya legit, nikmat, dan tentunya syedaaaaappp hehehehe :)
Makasih banyak Debby dan Fara atas bantuan kalian berdua :) Tanpa kalian, kami ga akan bisa menyelesaikan survey ini :) Semoga kita bisa ketemu lagi! Love you all sisters :*
Akhirnya kita pun harus pulang ke Jakarta! Bye Pekanbaru! What a nice city!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!