Akhirnya Menginjakkan Kaki Juga di Bumi NTT!

Yuhuuuu....sesuai judulnya, kali ini gw mau review perjalanan gw di bumi NTT!
Aaaaah seneng banget rasanya gw bisa kesana. Dari dulu gw pengen banget ke NTT, alhamdulillah Allah mengabulkan mimpi gw :) *lagi-lagi ini bukti kekuatan mimpi*

Melanjutkan cerita gw dari Pekanbaru. Gw sama Sugi nyampe di Bandara Soekarno-Hatta maghrib.
Kita langsung dijemput sama Om Budi & Tante Yuli *kerabatnya Sugi*. Kita emang berencana nginep di rumah mereka karena pagi jam 05.00 kita harus berangkat ke bandara lagi, melanjutkan perjalanan ke Kupang.
Gw sama Sugi ga mau mengulang kesalahan yang sama nih, subuh-subuh banget kita udah bangun terus mandi. Biar pas nyampe Kupang, kita langsung jalan-jalan. Kebetulan waktu itu hari Minggu, kita belum mulai survey kalo hari libur begini.

Tanggal 15 Maret 2015, kita meluncur deh ke Kupang! Wooohoooo...seneng banget!
Kita transit dulu di Bali buat jemputin penumpang yang dari Bali. Gw duduk di bangku tengah, Sugi duduk paling pojok di pesawat. Di samping gw ga ada siapa-siapa.
Pas pesawat tiba di Bali, penumpang yang dari Bali pada masuk ke pesawat. Gw sih ga merhatiin penumpang yang masuk, gw liat ke arah jendela pesawat aja.
Tiba-tiba, ekspresi muka Sugi berubah. Gw bingung dia kenapa yah. Trus gw noleh deh ke samping. Guess what?????? Samping gw ternyata bule muda ganteng bingiiiiiiit!!! Tu bule nyapa gw "Helloooo" sambil menyunggingkan senyum manisnya ke gw, ya Allah...klepek-klepek deh gw.
Omaigoooot! Gw langsung tatap-tatapan sama Sugi, nahan-nahan senyum. Gw tau apa yang ada di pikiran si Sugi hahaha, dia pasti mikir "Harusnya gw yang duduk disitu" :D
Masya Allah...ganteng banget ni bule di samping gw, Alhamdulillahnya gw pake cincin kawin, langsung inget deh kalo gw udah punya suami hahahahaha *konyol*

Sepanjang perjalanan si Sugi kagak bisa diem dah. Terus-terusan ngelirik ke arah si bule. Lupa dia kalo bentar lagi mau merit sama Kak Eja wkwkwkwk...
Kita juga ngomongin si bule "Cakep banget ni buleee oemjiiii"
Pesawat pun tiba di Bandara El Tari Kupang. Alhamdulillaaaah selamet ya Allah :)
Pas mau turun, si bule nelepon. "Halo, saya sudah sampai di Kupang. Saya sekarang bersiap turun dari pesawat, saya mau mengambil barang dulu di bagasi ya" 
Jedeeerr! Ni bule fasih amat yak bahasa Indonesianya. Untung gw sama Sugi ga ngomongin dia yang aneh-aneh, tau kali ya si bule kalo gw sama Sugi bilang dia cakep hehehe :p
Si bule ganteng udah turun duluan, gw sama Sugi masih nunggu antrian penumpang yang mau turun.
Pas gw ngeliat ke arah depan, tu bule masih ada di ujung depan banget, dia melambaikan tangannya ke arah gw sambil rada manggil gitu. Cuma gw sok jaim. Dalem hati bilang "Ni bule beneran manggil gw apa engga yah?" Cuek aja deh, jaim, takutnya gw yang kegeeran.
Tiba-tiba si Sugi ngomong sendiri "Oh yah..yah". Gw liatin, ternyata dia ngomong sama si bule!
Kacamata si bule ketinggalan di kursinya. Oemjiiiii....Sugi langsung responsif deh.
Pas mau mendekati pintu pesawat, Sugi ngasih kacamata si bule. Si bule bilang "Terima kasiiiiih"
Glek! Gw sama Sugi langsung klepek-klepek gitu liat senyumnya! Hahahahaha...serasa masih single deh kita berdua.
Keluar dari pesawat Sugi histeris banget! Kegirangan dikasih ucapan terima kasih sama si bule ganteng.

Di bandara Kupang, kita udah ditunggu sama Pak Welem. Pak Welem ini sopir rental yang bakal nganter kita kemana-mana.
Kalo Pak Welem, gw ga akan lupa namanya, soalnya beliau baik banget sih sama kita berdua :')
Di mobil, kita minta Pak Welem untuk ngajak kita jalan-jalan.
Kita mampir ke taman kota. Biasalah tak lupa foto-foto. Biar ada sejarahnya :)
Yang lucu, setiap Pak Welem motoin kita, muka kita ga ada di fotonya, udahannya Pak Welem selalu minta maaf hahaha.. "Maafkan saya ibu, maaf...saya baru pertama kali ini gunakan itu hape", Pak Welem ngomong pake logat NTT-nya. Ya elah pak...gapapa keles pak :D



(Welcome to Kupang, East Nusatenggara)



(Salam dari bumi NTT!)


Di taman kota juga ada Gong Perdamaian. Gw sama Sugi mau foto di depan gongnya ga bisa. Area gong dibatesin gitu jadinya kita ga berani masuk deh.



(Lumayan, masih bisa keliatan Gong Perdamaian-nya)


Dari taman kota, kita langsung menuju Pantai Lasiana. Pantainya ga terlalu bagus sih menurut gw. Mungkin karena udah banyak didatengin pengunjung, makanya jadi agak kotor gitu pantainya. Lautnya juga ga hijau-biru seperti yang gw bayangin. Tapi pasirnya putih kok.
Di Pantai Lasiana, gw sama Sugi makan pisang bakar plus kelapa muda. Wuenak tenaaaaaan... Trus kita juga makan buah Lontar. Buah Lontar enak yah, kenyel-kenyel gitu kayak kolang-kaling. Ini pertama kalinya gw liat dan makan buah Lontar. 
Dari Pantai Lasiana, kita langsung menuju ke tempat oleh-oleh. Maksud hati biar ga keburu-buru nanti pas mau pulang ke Jakarta. Eeeeh...karena hari Minggu, banyak yang tutup toko suvenirnya.
Sebenernya gw pengen banget ke Atambua. Kata Pak Welem cuma 6 jam dari Kupang. Tapi, ga cukup waktunya. Kita harus survey ke beberapa tempat di Kupang. Semoga suatu saat gw bisa ke Atambua ya Allah, amin :)

Gw sama Sugi nginep di hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang. Keren banget! Belakang hotelnya langsung pantai!
Dari jendela kamar, bisa terlihat sebuah pulau yang konon katanya eksotis, yaitu Pulau Kera.
Gw sama sugi langsung bilang "Pokoknya kita harus nyempetin ke Pulau Kera!"
Ada kejadian heboh di hotel. Sugi baru nyadar kalo baju londriannya ada yang kurang. Padahal itu baju batik kesayangannya. Londrinya di Pekanbaru lagi.
Sontak Sugi sedih bingit. Cup cup cup Sugi...sabar yah. Kebetulan Kak Eja, calon suami Sugi, lagi ada di Pekanbaru. Kak Eja susah bingit dihubunginya, lagi sibuk kerja. Kita cari no telepon londrinya, ga ada di notanya.
Trus Sugi telepon tantenya yang ada di Pekanbaru, minta tolong datengin londrinya untuk nanyain baju batik kesayangannya. Muka Sugi udah murka banget deh waktu itu hahaha. Murkanya bertambah pas Sugi nyadar kalo jilbab parisnya juga ga ada! Hah! Apes banget Sugi.
Sugi udah panik, secara dia udah ga ada baju bersih lagi. Baju gw juga ngepas banget buat gw pake selama di Kupang. Akhirnya kami berencana ke Ramayana buat cari baju diskonan.
Pas mau mandi, tiba-tiba keran bath tube-nya ga nyala! Airnya ga bisa keluar. Susah banget tuh keran diputer-puter.
Sugi tambah murka deh. Gaswat ini! Haduuuuuw...
Kita komplain ke pihak hotel. Udah berkali-kali dibenerin sama pak tukang hotel, si keran ga mau bener juga. Akhirnya kita disuruh pindah kamar aja.
Jeder! Si Sugi tambah murka. Mukanya udah kayak kompor mau meledak! Serem banget lo gi! Hehehehe..
Sampe si bell boy kena semprot sama Sugi :p Maaf yah mas bell boy :p
Akhirnya kita pindah kamar. Berakhir sudah drama pada malam itu. Ditambah Sugi dapet kabar dari tantenya kalo bajunya ketemu di tempat londri. Tambah sumringah deh Sugi. Bajunya dititipin ke Kak Eja deh.



(Narsis dulu yey sebelum sarapan)


Kita langsung capcus ke Ramayana dianter Pak Welem. Selesai dari Ramayana, kita makan di Pasar Malam Kampung Solor. Ternyata yang jual makanan disitu kebanyakan orang Jawa. Wuiiiih seneng deh! Makanannya semacam lalapan gitu. Waktu itu sih gw cuma makan lalapan lele, Sugi makan tempe bakar. Enak!

Kita di Kupang dari tanggal 15-18 Maret 2015. Selama survey, kita dibantu sama enumerator lokal Kupang, namanya Mbak Irma Kase dan Mas Rafael Dael. Gw banyak belajar dari mereka. Mereka sangat mensyukuri hidup yang mereka jalani sekarang. Mereka juga tidak pernah mengeluh. Mereka tidak pernah malu untuk belajar dan bertanya. Tidak pantang menyerah dalam menjalani hidup ini. Gw sampe terharu ngeliatnya. Semoga kita bisa ketemu lagi yah mbak dan mas :')



(Groufie dulu sama Mbak Irma dan Mas Rafael)



(Groufie dulu yey sama dokter puskesmas Kota Kupang)



(Groufie dulu yak sama dokter-dokter di RS Siloam Kupang)



(Groufie dulu yuk ah sama dokter dan suster di RS Santo Carolus Borromeus Kupang)


Ohya, foto di atas (RS Santo Carolus Borromeus), yang di tengah adalah Direktur rumah sakitnya, namanya dr. Herly. Beliau sangat ramah sekali. Gw sama Sugi diajak makan malem hari itu juga, tapi sayangnya kami ga bisa. Kami masih sibuk gitu et causa mau nyari oleh-oleh malemnya karena besok udah pulang ke Jakarta. But, anyway...thanks for your offering to us doc" :)
Pulang dari RS Santo Carolus Borromeus, gw sama Sugi minta tolong Pak Welem buat nganterin kita ke Air Terjun Oenesu. Kebetulan deket dari situ air terjunnya. Ya udah deh kita langsung meluncur kesana.
Gw sama Sugi terkesan banget sama pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun. Gila! Keren banget!
Gw sampe terpukau. Gila, Indonesia emang ga ada matinya!



(Subhanallah keren view-nya!)


Sekitar satu jam perjalanan, kami bertiga nyampe di air terjun. Sepi banget. Agak kotor juga yah, kayak ga diurus gitu.
Kata Pak Welem sih, airnya lagi kotor karena lagi musim hujan. Biasanya disitu rame banyak pengunjung. Pas kami kesana, ga ada siapa-siapa, cuma kami bertiga. 
Gw sama Sugi kegirangan liat air terjun! Cakeeeeep banget! Gw kepengen nyebur ke airnya, tapi ga bawa baju ganti.
Yang lucunya, disana kan ada 'orang gunung' gitu. Kita foto-foto gitu sama si bapak itu. Lucunya, si bapak pengen salaman sama gw dan Sugi, tapi dimarahin sama Pak Welem. "Hey, jangan kau pegang-pegang! Jangan! Ibu-ibu dokter itu!"
Hehehehe Pak Welem lebay deh. Padahal gapapa salaman juga.
Pak Welem bilang kalo si bapak itu kesenengan ketemu gw sama Sugi. Seneng ketemu wanita cantik berkulit putih. Nanti bakal diceritain ke istrinya di rumah katanya, hahahaha.
Ah, gw sama Sugi emang cantik kok pak :p



(Air Terjun Oenesu)



(Si 'bapak gunung' yang ngefans sama kami berdua :p)


Besok paginya, gw sama Sugi udah bangun jam 5 subuh. Kita bersiap-siap mau mbolang ke Pulau Kera yeay!
Kita cuma cuci muka sama gosok gigi aja, trus capcus.
Kita ke Pulau Kera naek perahu kecil, cuma bayar 400ribu. Kita tunggu dari jam 06.00 sampe jam 08.00, tapi perahu yang udah dipesen sama Pak Welem tak kunjung datang.



(Hai haaai...ini dia Pak Welem!)


Akhirnya kita pesen perahu lain deh yang ada disitu, alhamdulillahnya mau nganter yang punya perahu. Bayarnya juga sama 400ribu.
Kita melintasi Laut Oesapa. Rada aneh cuma nyeberang berdua doang, biasanya berlima sama Ogogirls :(
Kita menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam. Selama perjalanan, gw rada parno takut perahu ngebalik. Maklum, udah lama ga naek perahu hehehe...



(Yeay! Naek perahu lagi kiteeee :D)


Setibanya di Pulau Kera, gilaaaaaaa! Airnya jernih bangeeeeeeeet! Lautnya hijau biru gitu! Keren bingit!
Gw sama Sugi kegirangan kayak abis dapet warisan hahahaha. Di Pulau Kera ternyata ada penghuninya loh.
Kira-kira disana ada 30 KK gitu. Ada Kepala Kampung-nya juga loh disitu. Konon kata Kepala Kampung, Pulau Kera mau dijual gitu sama pengusaha NTT *gw lupa namanya* untuk dibuat daerah wisata gitu, trus mereka yang tinggal di Pulau Kera mesti pindah dari situ. Kasian juga yah mereka...



(Yang paling tengah itu Kepala Kampung-nya)


Disana suku aslinya Suku Bajo. Ada juga ternyata yang berasal dari Sulawesi. Gw sama Sugi langsung excited!
Kalo ketemu orang Sulawesi sekarang gw entah kenapa serasa sodara gitu. Efek setahun di Ogotua sepertinya bikin gw ngerasa jadi orang Sulawesi hehehe...
Nah, masyarakat disitu kalo mau beli bahan makanan, nyeberang ke Kupang. Mereka kalo nyeberang ga bayar perahu karena masih satu sodara katanya.
Gw sampe mikir, kalo sakit gimana yah? Disitu kan ga ada tenaga kesehatannya.
Ya udah deh, ga usah banyak cerita, gw langsung kasih liat foto-fotonya aja yah!



(Langitnya biruuuuu)



(Rumputnya hijauuuuu)



(Sejauh mata memandang)



(Ada mushola di tengah Pulau Kera)



(Jernih kan airnyaaa)



(Paling suka foto sama anak-anak :))


Gw sama Sugi ga lama-lama di Pulau Kera. Udah puas jalan-jalan dan foto-foto, kita langsung capcus ke hotel. Kita minta si pak punya perahu langsung anterin kita ke hotel aja biar deket.
Pulau Kera ke Swiss-Belinn Kristal cuma 20 menit aja.
Nyampe di hotel kita langsung sarapan. Untung masih belom ditutup jam breakfast-nya.
Si Sugi bawa oleh-oleh cangkang-cangkang kerang dari Pulau Kera. Daaaan...ada satu cangkang kerang yang bauuuu banget! 
Pantes aja kita nyium bau ga enak sepanjang perjalanan balik dari Pulau Kera. Ternyata cangkang kerang itu toh sumbernya hahahaha...
Selesai sarapan, kita kembali ke kamar. Bersiap packing, dan pulang ke Jakarta!
Goodbye Kupang! Semoga gw bisa kembali lagi ke NTT, ke bagian bumi NTT lainnya!
Salam Indonesia satu!



(Narsis dulu sama bapak pemain Sasando ini :D)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Finally, Skor TOEFL ITP Diatas 550!

Perjuangan Menaklukkan IELTS

First Posting, TOEFL ITP-nya Dikit Lagi!